Peserta Berharap Indonesia International Open Bisa Digelar Setiap Tahun

Jum'at, 19 Januari 2024 - 01:01 WIB
loading...
Peserta Berharap Indonesia International Open Bisa Digelar Setiap Tahun
Peserta Berharap Indonesia International Open Bisa Digelar Setiap Tahun
A A A
JAKARTA - Para peserta berharap Indonesia International Open bisa digelar setiap tahun. Pasalnya, turnamen biliar terelite di Tanah Air itu sangat positif untuk mengembangkan para pemain agar bisa bersaing di kelas internasional.

Seperti diketahui, Indonesia International Open untuk kali pertama dihelat pada tahun 2024. Ini adalah turnamen biliar level internasional pertama dalam sejarah yang berlangsung di Tanah Air.



Babak kualifikasinya pun sudah dimulai sejak 15 Januari hingga 19 Januari mendatang di Park Hyatt, Kebon Sirih, Jakarta. Sebanyak 16 tiket diperebutkan untuk masuk ke babak utama yang berlangsung pada 21- 25 Januari nanti dengan total peserta sebanyak 128 atlet.

Banyak bintang-bintang bilar dunia yang berasal dari berbagai negara ikut berkompetisi di Indonesia International Open 2024. Salah satu yang paling mentereng adalah Juara Dunia Biliar Bola 9 2023, Francisco Sanchez.

Salah satu peserta asal Indonesia, Annita Kanjaya, pun menilai atmosfir pertandingan Indonesia International Open 2024 sudah terasa berbeda sejak babak kualifikasi. Menurutnya, atmosfirnya benar-benar seperti pertandingan papan atas karena sengitnya persaingan yang ada.

“Terasa banget sih atmosfer pertandingannya ini seperti di laga-laga kelas atas,” kata Annita kepada Tim MNC, Rabu (18/1/2024).

Wanita berambut bondol itu pun berharap Indonesia International Open bisa rutin digelar setiap tahun. Dia juga ingin ada kelas khusus pebiliar-pebiliar wanita di turnamen berikutnya.

“Kalau bisa diagendakan setiap tahun, ditambah lagi yang khusus perempuan. Karena sejauh ini kebanyakan turnamen open diikuti laki-laki, jadi kami (yang perempuan) ikut gabung aja, enggak ada yang khusus,” jelasnya.

Hal senada juga dilontarkan oleh peserta lainnya yakni Hendra Kurniawan. Dia menilai Indonesia International Open tak hanya apik untuk peningkatan permainan para pemain senior, tetapi juga untuk para pemain muda yang bertanding di kategori junior.

“Menurut saya turnamen ini luar biasa karena antusiasnya baik dari pemain Indonesia dan pemain internasional juga luar biasa. Turnamen ini kan juga ada kategori juniornya, jadi juga menjadi ajang untuk pembibitan dan regenerasi atlet Indonesia,” jelas Hendra.

“Harapannya turnamen ini diadakan rutin sehingga pemain-pemain internasional banyak yang datang ke Indonesia, jadi kita bisa menutup kesenjangan kualitas karena kita jadi tahu kekuatan dan permainan mereka seperti apa,” tambahnya.

“Memang kita sering melihat mereka di Youtube, tapi kalau bertanding langsung kan beda. Selain itu, atlet-atlet junior juga bisa semakin termotivasi untuk menembus ajang internasional karena mereka bisa bertemu langsung dengan idola-idola mereka,” pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)