alexametrics

JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament

Dua Pecatur Indonesia Berpeluang Raih Norma Grand Master

loading...
A+ A-
SOLO - Peluang dua pecatur Indonesia untuk meraih norma Grand Master (GM) semakin terbuka lebar. Pecatur Priasmoro Novendra dan Yoseph Taher memperoleh poin yang cukup meyakinkan dalam JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament yang diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah.

Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Bidang Pembinaan, Kristianus Liem menjelaskan, dalam kejuaraan kali ini Novendra memang tampil bagus. Sampai babak kelima, Novendra hanya kalah dari pecatur unggulan Rusia, Demchenko Anton. Sehingga Novendra sudah mengantongi tiga poin dari lima pertandingan yang diikutinya.

Selain Novendra, pecatur Indonesia lainnya yang juga meraih hasil bagus adalah Yoseph Taher. Dalam kejuaraan kali ini, Yoseph juga meraih tiga poin dari lima babak yang sudah dijalani. “Keduanya mempunyai peluang meraih norma Grand Master,” ungkap Kristianus Liem di Solo, Jawa Tengah, Minggu (29/4/2018).

Dengan sisa pertandingan yang ada, dirinya yakin Novendra maupun Yoseph bisa memanfaatkan untuk meraih poin penuh. Dengan begitu, Novendra bisa meraih norma Grand Master kedua. “Dari perhitungan dengan sembilan babak, total poin yang harus dicapai agar bisa meraih norma Grand Master adalah 6,5 poin,” ungkapnya.

Jika dalam sembilan babak tidak bisa tercapai, maka masih ada kesempatan di babak 10. Dengan catatan poin yang harus didapatkan Novendra juga lebih banyak yakni 7 poin. Jika masih belum tercapai, yang terakhir di babak ke 11 dengan poin 7,5 poin.

Sementara, Yoseph Taher mempunyai peluang meraih gelar norma Grand Master pertamanya. Priasmoro Novendra maupun Yoseph Taher saat ini baru berstatus Fide Master (FM).
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak