Hasil Piala Asia 2023: Indonesia vs Vietnam 1-0, Shin Tae-yong Hapus Rekor Buruk

Jum'at, 19 Januari 2024 - 23:34 WIB
loading...
Hasil Piala Asia 2023: Indonesia vs Vietnam 1-0, Shin Tae-yong Hapus Rekor Buruk
Asnawi Mangkualam menjadi aktor protagonis saat Indonesia menang 1-0 atas Vietnam pada laga kedua penyisihan Grup D di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1/2024). Berkat tendangan penalti di menit 42 menjaga asa Skuad Garuda ke babak 16 / Foto: @afca
A A A
Timnas Indonesia berhasil memetik tiga poin pertama usai mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga kedua penyisihan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1/2024). Kemenaangan ini membuat Shin Tae-yong menghapus kutukan tak pernah menang melawan The Golden Stars.

Indonesia tampil cukup rapi sepanjang babak pertama berlangsung. Meskipun kalah dalam penguasaan bola, namun Skuad Garuda mampu mengintimidasi pertahanan Vietnam.

Tercatat, sembilan tendangan tercipta. Empat di antaranya berhasil merepotkan kiper Vietnam.



Setelah beberapa kali mengancam, Indonesia akhirnya mendapatkan peluang emas setelah T.B Nguyen menjatuhkan Rafael Struick di kotak penalti. Wasit yang menyaksikan itu langsung menunjuk titik putih.

Asnawi Mangkualam, yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil mengeksekusi penalti dengan sempurna di menit 42. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga interval pertama usai.

Di babak kedua Indonesia lebih banyak tertekan. Shin Tae-yong akhirnya memutuskan untuk melakukan pergantian pemain.



Empat pemain ditarik keluar, yakni Egy Maulana Vikri, Struick, Asnawi dan Jordi Amat (cedera) digantikan Adam Alis, Hokky Caraka, Witan Sulaeman dan Rizky Ridho. Meski begitu, tak banyak perubahan terjadi.

Indonesia tetap berada di bawah tekanan Vietnam. Tembok pertahanan Skuad Garuda yang dikawal Sandy Walsh dkk beberapa kali ditembus pemain lawan.

Beruntung, hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia tak berubah. Kemenangan ini membuat Indonesia naik ke peringkat ketiga dengan nilai tiga poin.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4874 seconds (0.1#10.140)