Ini Aturan Berbeda di Indonesia International Open 2024

Sabtu, 20 Januari 2024 - 20:52 WIB
loading...
Ini Aturan Berbeda di Indonesia International Open 2024
Ini Aturan Berbeda di Indonesia International Open 2024. Foto: MPI/Rio Eristiawan
A A A
JAKARTA - Panitia Pelaksana dari POBSI , Fadil Nasution mengatakan terdapat aturan berbeda di Indonesia International Open 2024. Sebab, ajang tersebut menggunakan peraturan Asosiasi Billiard Dunia atau World Pool Billiard Association (WPA) di 10 ball dan junior 9 ball.

Indonesia International Open 2024 merupakan turnamen biliar berkelas internasional pertama yang digelar di Tanah Air. Kejuaraan itu dimulai dengan babak kualifikasi pada 16-19 Januari dan dilanjutkan dengan babak utama pada 21-25 Januari mendatang di Park Hyatt, Kebon Sirih, Jakarta.



Sementara menjelang babak utama, Fadil mengatakan Indonesia International Open 2024 menerapkan aturan berbeda yang biasa digunakan atlet biliar Tanah Air. Ia menjelaskan dalam 10 ball para pemain harus memasukan bola 10 terakhir, jika bola 10 masuk duluan makan akan dikeluarkan lagi.

"Untuk WPA rules 10 ball ini buat pemain Indonesia akan sedikit berbeda apa yang berjalan apa yang ada di Indonesia. Untuk WTA rules itu bola 10 harus terakhir dimana kombinasi itu sah, tetapi bola 10nya dikeluarkan lagi ke titik spot apabila ada bola yang menghalangi di titik spot akan ditempatkan di footie strip, sedekat mungkin dengan bola yang menghalangi tetapi tidak menempel," kata Fadil kepada Tim MNC, Sabtu (20/1/2024).

Selain 10 ball, Fadil menjelaskan junior 9 ball juga menerapkan aturan berbeda. Ia mengatakan ada beberapa aturan dari biasanya dalam ajang Indonesia International Open 2024.

"Untuk junior, kita akan mempertandingkan 9 ball dimana bola sembilan di titik dan tiga bola harus melewati garis belakang tetap masuk. Artinya ketika satu bola masuk, dua bola lewat sah, dua bola masuk satu bola lewat sah atau tiga bola masuk tidak ada yang lewat tidak apa-apa atau tiga bola yang lewat opsinya ketika itu ilegal break boleh mengambil posisi itu atau pas, ketika pas maka lawannya bisa ambil opsi push out," jelasnya.

Lebih lanjut, Fadil juga memperingatkan tentang tempo pertandingan. Sebab, ia menjelaskan wasit akan memberikan peringatan kepada pemain mana yang dengan sengaja bermain tempo lambat.

"Untuk pertandingan berjalan lambat makan wasit bisa memperingatkan pemain bahwa pertandingan (berjalan) cukup lambat. Ketika diingatkan yang kedua kali, wasit berhak menetapkan match mana yang berjalan lambat sehingga menjadi peringatan untuk semua pemain untuk tidak bermain lambat," pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)