Polemik Eksekusi Penalti dengan Rafael Struick, Asnawi Mangkualam: Itu Instruksi Pelatih

Minggu, 21 Januari 2024 - 19:11 WIB
loading...
Polemik Eksekusi Penalti dengan Rafael Struick, Asnawi Mangkualam: Itu Instruksi Pelatih
Asnawi Mangkualam akhirnya menjawab polemik mengenai drama eksekusi penalti saat Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga kedua Grup D Piala Asia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1/2024) / Foto: PSSI
A A A
Asnawi Mangkualam akhirnya menjawab polemik mengenai drama eksekusi penalti saat Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1/2024). Dalam sebuah kesempatan, kapten Skuad Garuda itu tidak berebut untuk mengeksekusi tendangan 12 pas dengan Rafael Struick.

Meskipun Struick saat itu sudah memegang bola bak seperti dirinya yang bakal menendang penalti. Namun, perubahan terjadi ketika Shin Tae-yong menginstruksikan agar Asnawi yang menjadi algojo.

Keputusan Shin Tae-yong tepat. Sebab, Asnawi berhasil membawa Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam. Kemenangan ini membuat peluang Skuad Garuda lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 terbuka lebar melalui jalur peringkat ketiga.



"Memang itu dari instruksi pelatih dan sudah ditentukan,"kata Asnawi dalam keterangan MNC Portal Indonesia (MPI) peroleh, Minggu (21/1/2024).

Ditambahkan Asnawi, dirinya memang sangat siap mengambil tendangan penalti tersebut. Sebab, dia nilai itulah kesempatan emas untuk timnya mencetak gol dan meraih kemenangan.

"Siapapun yang diberikan tanggung jawab harus bisa mengeksekusi dengan baik dan membantu tim beri kemenangan,'katanya.



Asnawi menegaskan bahwa semua pemain pasti siap saat diminta untuk mengeksekusi penalti itu. Pasalnya, dia menyatakan Timnas Indonesia pun sudah berlatih mengeksekusi penalti.

"Jadi, siapa saja harus siap" ujarnya.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)