Valentino Rossi Enggak Sabar Taklukan Trek 'Perawan' di Portugal

loading...
Valentino Rossi Enggak Sabar Taklukan Trek Perawan di Portugal
Valentino Rossi sudah tak sabar menaklukan trek perawan di Sirkuit Autodromo Internacional do Algavre, Portimao, Portugal. Lintasan yang memiliki 15 tikungan itu akan menjadi seri terakhir MotoGP musim ini / Foto: Corsedimoto
A+ A-
PORTIMAO - Dorna Sports selaku otoritas tertinggi di ajang MotoGP resmi mengumumkan jika Portugal menjadi seri terakhir musim ini. Pengumuman itu dilakukan setelah Federasi Motor Internasional (FIM), IRTA, dan Dorna Sports melakukan rapat pada Senin (10/8/2020) sore WIB.

Kembalinya sirkus MotoGP ke Portugal tentunya menjadi kejutan. Sebab, setelah tujuh tahun absen, negara yang melahirkan banyak pesepak bola hebat itu sukses menggelar balapan motor paling bergengsi di dunia pada 22 November mendatang. (Baca juga: Motor M1 Ngadat di Brno, Vinales Heran)

Tetapi kalender MotoGP bukan menempatkan Kota Estoril melainkan Portimao dengan Sirkuit Autodromo Internacional do Algavre. Dengan tata letak yang menarik membuat Valentino Rossi semakin tak sabar untuk mengaspal di sana.

Namun demikian, Rossi menyebut jika Sirkuit Autodromo Internacional do Algavre dikenal seperti berada di Roller Coaster. Dengan rincian, terdiri dari 15 tikungan (9 kanan dan 6 kiri), memiliki banyak tanjakan dan turunan serta tikungan yang membutuhkan pengereman yang kuat.



Tikungan pertama akan menjadi salah satu yang paling menantang di seri penutup MotoGP ini. Pasalnya, para pembalap akan memacu kecepatan lebih dari 310 km/jam dan harus melakukan pengereman dengan cepat 100 km/jam di sepetak aspal yang kurang dari 300 meter.

Bagi Valentino Rossi itu akan menjadi kesempatan yang tepat untuk menguji dirinya di trek 'perawan'. Di Portugal dia sudah memiliki lima kemenangan, tapi di sirkuit Estoril dan bukan di Sirkuit Autodromo Internacional do Algavre, Portimao. (Baca juga: Tanpa Marquez, Pandangan Kubu Honda Lihat pembalap Lain Naik Podium Bikin Sakit Mata)

"Saya mengasosiasikan kenangan indah dengan Portugal. Tapi kami membalap di Estoril, ini juga trek yang menarik. Tapi saya selalu bertanya-tanya bagaimana rasanya balapan di Portimao, karena MotoGP belum pernah ada," ungkap Rossi dikutip dari laman resmi MotoGP, Rabu (12/8/2020).



"Ini trek yang luar biasa, seperti roller coaster, dan berada di level Phillip Island. Ini juga memiliki beberapa tikungan yang menantang dan akan menjadi tugas yang sulit untuk melaju cepat ke sana," pungkas Rossi.
(sha)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top