Timnas Indonesia Berikan Tekanan kepada Malaysia dan Filipina di Ranking FIFA

Selasa, 23 Januari 2024 - 03:03 WIB
loading...
Timnas Indonesia Berikan Tekanan kepada Malaysia dan Filipina di Ranking FIFA
Timnas Indonesia tak hanya menjadikan Piala Asia 2023 sebagai ajang untuk mengembalikan stempel Macan Asia saja / Foto: PSSI
A A A
Timnas Indonesia tak hanya menjadikan Piala Asia 2023 sebagai ajang untuk mengembalikan stempel Macan Asia saja. Ada beberapa hal yang ingin dipertontonkan pasukan Shin Tae-yong di turnamen empat tahunan ini, salah satunya adalah memperbaiki posisi di ranking FIFA .

Saat ini Timnas Indonesia menghuni peringkat 142 dunia dengan perolehan 1074 poin. Menurut data Footy Rankings, Skuad Garuda berada di bawah negara Asia Tenggara lainnya yakni Filipina (ke-139 dunia) dan Malaysia ke-135 dunia dengan 1098 poin.

Mengacu pada data itulah yang membuat media Malaysia panik. Mereka seakan takut posisi Malaysia ditelikung Timnas Indonesia.



Apalagi Timnas Indonesia berpeluang untuk merebut poin jika mampu mengalahkan Jepang pada laga pemungkas Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Rabu (22/1/2024).

Jepang merupakan tim terkuat di Asia dengan menempati peringkat 17 dunia. Tim berjuluk Samurai Biru sejatinya jauh lebih diunggulkan ketimbang Timnas Indonesia (peringkat 146 dunia).

Wataru Endo dkk saat ini berada di posisi kedua Grup D dengan 3 poin usai menang 4-2 atas Vietnam dan kalah 1-2 dari Irak. Sementara itu, Timnas Indonesia berada di peringkat ketiga Grup D usai kalah 1-3 dari Irak dan menang 1-0 atas Vietnam berkat gol tunggal Asnawi Mangkualam.



Tapi media Malaysia menuliskan bahwa kemenangan itu telah membuka jalan buat Garuda menuju ke ranking 130 dunia. Namun, media Negeri Jiran itu terkesan khawatir Timnas Indonesia berpeluang menyalip posisi Malaysia setelah melalui kampanye gemilang di Piala Asia 2023.

Media Malaysia menyebut ada satu cara yang bisa membuat skuad Garuda akan menggeser Filipina hingga Malaysia. "Ranking FIFA: Indonesia Bakal Salip Malaysia Dengan Satu Cara," tulis judul artikel Makan Bola, dikutip Senin (22/1/2024).

"Kemenangan itu telah membuka jalan buat Sang Garuda menghampiri kelompok 130 dunia sekaligus memberikan tekanan kepada Malaysia dan Filipina," imbuhnya.

Jika menang melawan Jepang, Timnas Indonesia akan mengumpulkan tambahan +30,94 poin sehingga total poin menjadi 1105 poin. Posisi ini bisa membuat Timnas Indonesia melonjak 9 peringkat ke peringkat 133 dunia dan menyalip Filipina dan Malaysia.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6190 seconds (0.1#10.140)