Awas Timnas Indonesia, Jepang Adopsi Permainan Menyerang Manchester City

Selasa, 23 Januari 2024 - 12:05 WIB
loading...
Awas Timnas Indonesia, Jepang Adopsi Permainan Menyerang Manchester City
Awas Timnas Indonesia, Jepang bakal mengadopsi permainan menyerang Manchester City pada laga terakhir fase Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, (23/1/22024) malam WIB / Foto: nikkansports
A A A
Awas Timnas Indonesia , Jepang bakal mengadopsi permainan menyerang Manchester City pada laga terakhir fase Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, (23/1/22024) malam WIB. Peringatan ini harus bisa diantisipasi Shin Tae-yong jika mereka ingin menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

Strategi permainan yang akan ditampilkan Jepang ketika menghadapi Timnas Indonesia dibocorkan Hiroki Ito. Bek kiri yang menjadi starter di dua pertandingan melawan Vietnam dan Irak menuturkan bahwa Samurai Biru bakal mengoptimalkan skema menyerang seperti Man City.

Artinya, Timnas Indonesia harus mewaspadai pemain yang beroperasi di wilayah sayap lapangan. Karena pemain yang menempati posisi tersebut dikenal memiliki kecepatan, keterampilan dribbling, dan ketangkasan yang tinggi baik dalam melakukan umpan akurat maupun mencetak gol.



"Saya pikir pada dasarnya ada tiga titik (zona dekat, zona jauh, garis kedua), jadi menurut saya penting untuk masuk ke sana dan memberikan umpan silang ke sana. Saya akan mencocokkannya," kata Hiroki Ito, dikutip dari Nikkan Sports, Selasa (23/1/2024).

"Negara-negara lain telah mengambil tindakan balasan terhadap fakta bahwa mereka mampu mencetak poin secara efektif melalui serangan sayap. Jika Anda tidak melangkah lebih tinggi lagi, Anda tidak akan mencapai tujuan," imbuhnya.

"Mari kita coba masuk ke dalam kotak (penalti) yang dalam (saat menyerang) seperti Manchester City. Jika kami bisa masuk ke posisi itu, saya pikir kami akan memiliki peluang lebih besar untuk mencetak poin,'' katanya lagi.



Lebih lanjut, Hiroki Ito yakin bahwa Jepang bisa menerapkan pola menyerang seperti Manchester City dengan maksimal karena mereka sudah dilatih. Bahkan, dia yakin bahwa dirinya selaku bek bisa membobol gawang Timnas Indonesia. Hal ini membuat skuad Garuda harus ekstra waspada.

"Saya percaya bahwa jika kita menunjukkan koordinasi yang telah kita perdalam melalui pelatihan, kita secara alami akan menciptakan peluang untuk mengambil keputusan," kata Hiroki Ito.

"Bahkan jika saya stagnan, saya bisa menyalip dari belakang atau membuka ruang, itu adalah sesuatu yang telah saya kerjakan dalam latihan. Jika saya bisa melakukan ini dalam pertandingan, saya pikir kemampuan mencetak gol saya akan meningkat. Berjanji," pungkasnya.

Laga Jepang versus Timnas Indonesia sepertinya bakal menghadirkan drama. Saat ini Samurai Biru berada di posisi kedua Grup D dengan 3 poin usai menang 4-2 atas Vietnam dan kalah 1-2 dari Irak.

Sementara itu, Timnas Indonesia memiliki poin yang sama dan berada di posisi ketiga Grup D usai kalah 1-3 dari Irak dan menang 1-0 atas Vietnam. Kini, baik Jepang maupun Timnas Indonesia akan saling berduel memperebutkan tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023 melalui jalur juara grup, runner-up, atau tim peringkat ketiga terbaik.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6139 seconds (0.1#10.140)