Hasil Piala Asia 2023: Dikalahkan Jepang, Timnas Indonesia Tunggu Keajaiban Lolos ke 16 Besar

Rabu, 24 Januari 2024 - 20:29 WIB
loading...
Hasil Piala Asia 2023: Dikalahkan Jepang, Timnas Indonesia Tunggu Keajaiban Lolos ke 16 Besar
Timnas Indonesia hanya menunggu keajaiban untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 / Foto: @afcasiancup
A A A
Timnas Indonesia hanya menunggu keajaiban untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 . Situasi tak menguntungkan ini terjadi setelah Skuad Garuda dikalahkan Jepang 1-3 pada laga terakhir fase Grup D di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia tertinggal lebih dulu di menit keenam setelah Jordi Amat menjatuhkan Ayase Ueda di kotak terlarang. Pemain bernomor punggung 9 itu berhasil mengeksekusi penalti dengan baik.

Alih-alih ingin merespon gol tersebut, pemain Timnas Indonesia justru dipaksa bermain di garis pertahanan sendiri. Ya, Jepang benar-benar mendikte permainan Skuad Garuda.



Jepang tak hanya unggul gol tapi juga leluasa mengintimidasi pertahanan Indonesia. Terlihat, tim berjuluk Samurai Biru mampu menguasai penguasaan bola dengan persentase 77 persen berbanding 23 persen.

Tak hanya unggul dalam penguasaan bola di babak pertama saja. Jepang juga berhasil melepaskan tujuh tendangan dan tiga di antaranya merepotkan kiper Ernando Ari.

Beruntung, hingga interval pertama usai skor 1-0 untuk keunggulan Jepang tak berubah. Di babak kedua, Jepang tak mengubah strateginya.


Pemain Jepang tetap memberikan pressing ketat setiap kali pemain Indonesia memegang bola. Alhasil, Samurai Biru mampu menguasai setiap lini dan ini membuat permainan Skuad Garuda sulit berkembang.

Jepang akhirnya berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit 52. Adalah Ueda yang mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya.

Di pengujung laga, Jepang memperlebar keunggulan menjadi 3-0 setelah Justin Hubner mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi tendangan Ueda.

Di sisa waktu pertandingan, Timnas Indonesia berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-3. Namun gol Sandy Walsh tak mampu menyelamatkan Skuad Garuda.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)