Manfaat Konsumsi Ikan untuk Ibu Hamil, Asam Lemak Omega-3 Baik untuk Janin

Kamis, 25 Januari 2024 - 07:00 WIB
loading...
Manfaat Konsumsi Ikan untuk Ibu Hamil, Asam Lemak Omega-3 Baik untuk Janin
Makan ikan bagi ibu hamil memiliki banyak banyak, termasuk ikan laut yang menjadi sumber protein, zat besi dan seng yang baik. Foto/ mumplus.
A A A
JAKARTA - Manfaat konsumsi ikan untuk ibu hamil cukup banyak, termasuk ikan laut yang bisa menjadi sumber protein, zat besi dan seng yang baik.

Makan ikan bagi ibu hamil menjadi nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Asam lemak omega-3 banyak terdapat pada ikan, termasuk asam docosahexaenoic (DHA), juga dapat membantu perkembangan otak bayi.



Namun, dikutip mayoclinic, beberapa jenis makanan laut bisa memiliki kadar merkuri yang tinggi. Ini termasuk ikan predator besar, seperti hiu, ikan todak, king mackerel dan tilefish.

Tuna putih kalengan – juga disebut tuna albacore – mungkin mengandung merkuri lebih tinggi daripada tuna kalengan. Meski merkuri dalam makanan laut tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang dewasa, tindakan pencegahan khusus berlaku jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil.

Jika Anda rutin mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi, merkuri dapat menumpuk di aliran darah Anda seiring berjalannya waktu. Terlalu banyak merkuri dalam aliran darah dapat merusak perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Berapa banyak makanan laut yang direkomendasikan?
Food and Drug Administration (FDA), Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan Dietary Guidelines for American merekomendasikan bahwa, dalam seminggu, ibu hamil makan, setidaknya 8 ons (224 gram) dan maksimal 12 ons (340 gram) makanan laut yang lebih rendah merkuri. Itu sekitar 2 hingga 3 porsi seminggu.

Jadi, makanlah beragam makanan laut yang rendah merkuri dan tinggi asam lemak omega-3, seperti:
Ikan salmon
Teri
Ikan haring
sarden
Ikan trout air tawar
Makarel Pasifik

Pilihan aman lainnya meliputi:
Udang
Pollock
Nila
ikan kod
Ikan lele

Apakah ada pedoman lain untuk makanan laut selama kehamilan?
Lakukan langkah-langkah ini bisa menjadi referensi:



Hindari ikan dan kerang mentah
Untuk menghindari bakteri atau virus berbahaya, jangan makan ikan dan kerang yang belum dimasak. Itu termasuk tiram, sushi, sashimi, dan makanan laut berpendingin yang belum dimasak dan diberi label gaya nova, lox, kippered, smoked, atau dendeng.

Masak makanan laut dengan benar
Kebanyakan makanan laut harus dimasak dengan suhu internal 145 derajat Fahrenheit (63 derajat Celcius). Ikan matang ketika dipisahkan menjadi serpihan dan tampak putih susu seluruhnya. Masak udang dan lobster hingga dagingnya berwarna putih mutiara dan susu. Masak kerang, remis, dan tiram hingga cangkangnya terbuka. Buang semua yang tidak terbuka.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2060 seconds (0.1#10.140)