Buktikan Kemampuan Teknologi Militer, Iran Luncurkan 3 Satelit ke Orbit

Minggu, 28 Januari 2024 - 16:57 WIB
loading...
Buktikan Kemampuan Teknologi Militer, Iran Luncurkan 3 Satelit ke Orbit
Iran kembali meluncurkan satelit untuk memprovokasi Barat dan Israel. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Iran pada Minggu (28/1/2024) mengatakan pihaknya secara bersamaan meluncurkan tiga satelit ke orbit. Itu hampir seminggu setelah peluncuran satelit penelitian oleh Garda Revolusi menuai kritik dari Barat.

“Tiga satelit Iran telah berhasil diluncurkan ke orbit untuk pertama kalinya,” lapor TV pemerintah Iran, dilansir France 24.

Satelit-satelit tersebut dibawa oleh pembawa satelit dua tahap Simorgh (Phoenix) dan diluncurkan ke orbit minimum 450 kilometer.

"Satelit Mahda, yang berbobot sekitar 32 kilogram dan dikembangkan oleh Badan Antariksa Iran, dirancang untuk menguji subsistem satelit canggih," demikian kantor berita resmi IRNA.

Dua lainnya, Kayhan 2 dan Hatef, masing-masing berbobot di bawah 10 kilogram dan bertujuan untuk menguji teknologi penentuan posisi berbasis ruang angkasa dan komunikasi pita sempit.

Pekan lalu, Korps Garda Revolusi Islam Iran mengirim satelit penelitian Soraya ke luar angkasa.

Inggris, Prancis, dan Jerman mengutuk peluncuran tersebut dalam sebuah pernyataan yang ditolak oleh Iran karena dianggap "intervensi".

Pemerintah negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat telah berulang kali memperingatkan Iran agar tidak melakukan peluncuran semacam itu, dengan mengatakan bahwa teknologi yang sama dapat digunakan untuk rudal balistik, termasuk yang dirancang untuk mengirimkan hulu ledak nuklir.



Iran telah membantah bahwa mereka tidak ingin membuat senjata nuklir dan bahwa peluncuran satelit dan roketnya hanya untuk tujuan sipil atau pertahanan saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)