Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Menpora: Transformasi Sepak Bola Semakin Terlihat

Senin, 29 Januari 2024 - 06:06 WIB
loading...
Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Menpora: Transformasi Sepak Bola Semakin Terlihat
Menpora Dito Ariotedjo memberi apresiasi atas perjuangan Timnas Indonesia meski menelan kekalahan 0-4 dari Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 / Foto: MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ), Dito Ariotedjo , memberi apresiasi atas perjuangan Timnas Indonesia meski menelan kekalahan 0-4 dari Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Minggu (28/1/2024). Dia menilai kalau Skuad Garuda mengalami perkembangan ke arah yang positif.

Timnas Indonesia sejatinya tampil cukup baik di babak pertama. Namun mereka harus kebobolan dua gol di babak pertama lewat gol bunuh diri Elkan Baggott (12') dan Martin Boyle (45'). Kemudian gawang Skuad Garuda kembali kebobolan di akhir babak kedua lewat gol Craig Goodwin (89') dan Harry Souttar (90+1').

Terkait kekalahan tersebut, Menpora Dito tetap mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia. Menurutnya, tim polesan Shin Tae-yong telah memberikan perlawanan kepada Socceroos kendati terpaut peringkat yang cukup jauh.



"Kita melihat pertandingan melawan Australia, hasilnya kalah 0-4, tapi tetap saya melihat secara utuh pertandingannya, bagaimana timnas masih bisa bertahan dan ada perlawanan," kata Menpora Dito.

"Autralia ini tim peringkat 25, jauh sekali, kita ada di 144. Ini saya apresiasi untuk tim pelatih dan atlet, juga PSSI, karena saya rasa transformasi sepak bola semakin terlihat secara perlahan menuju arah yang lebih baik," sambungnya.

Lebih lanjut, Menpora Dito menegaskan bahwa pemerintah akan terus mendukung Timnas Indonesia untuk kemajuan sepak bola Tanah Air. Pria berusia 33 tahun itu optimistis Skuad Garuda akan bicara banyak di kancah dunia.



"Pemerintah akan terus mendukung transformasi sepak bola dan juga olahraga Indonesia dan kita lihat selanjutnya, semoga nanti, ini juga bersama Coach Indra, kami mendukung untuk Timnas U-20, U-17 dan saya rasa kita sudah dalam jalur yang benar," ujarnya.

"Selama konsisten dan dukungan selalu ada, PSSI juga konsisten untuk transformasi, tidak mustahil kita akan mencapai tingkat dunia yang lebih baik lagi," tegas Menpora Dito.

Kekalahan ini sekaligus membuat Timnas Indonesia harus tersingkir dari Piala Asia 2023. Namun begitu, perjuangan Marselino Ferdinan cs layak diapresiasi. Pasalnya, mereka berhasil membawa Skuad Garuda cetak sejarah dengan berhasil menembus babak 16 besar untuk pertama kalinya.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)