Shin Tae-yong: Andai Indonesia Tak Kebobolan Gol Pertama, Permainan Bisa Berubah

Senin, 29 Januari 2024 - 07:07 WIB
loading...
Shin Tae-yong: Andai Indonesia Tak Kebobolan Gol Pertama, Permainan Bisa Berubah
Shin Tae-yong memberikan respons usai Timnas Indonesia tersingkir dari Piala Asia 2023 setelah dikalahkan Australia 0-4 pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Minggu (28/1/2024) malam WIB / Foto: PSSI
A A A
Shin Tae-yong memberikan respons usai Timnas Indonesia tersingkir dari Piala Asia 2023 setelah dikalahkan Australia 0-4 pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Minggu (28/1/2024) malam WIB. Dia menuturkan bahwa andai gol pertama itu tidak terjadi, maka permainan pasti akan berubah.

Shin Tae-yong menilai gol pertama Australia, yang dianggap sebagai gol bunuh diri Elkan Baggott pada menit 12 itu merusak permainan Timnas Indonesia. Itu bermula dari umpan balik salah satu pemain Timnas Indonesia yang dicuri oleh pemain lawan.

"Sayangnya, kami kebobolan hasil dari back pass (umpan balik) dari pemain belakang kami sendiri. Jika kami tidak kebobolan gol yang tidak beruntung itu, seluruh permainan bisa berubah," kata Shin Tae-yong dalam audio wawancara di konferensi pers yang diterima MNC Portal Indonesia, Minggu (28/1/2024).



Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia memang kebobolan lebih awal ketika Elkan Balggott tak sempurna memblok tendangan Jackson Irvine di menit ke-12. Setelah itu, skuad Garuda kembali kebobolan lewat gol Martin Boyle usai menyundul umpan silang Gethin Jones di pengujung babak pertama.

Gol ketiga Australia kemudian tercipta pada menit ke-89 via Craig Goodwin. Terakhir, Harry Sauttar mencetak gol keempat Australia sekaligus memastikan timnya lolos ke perempatfinal, sedangkan perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 harus terhenti.

Meski kalah, skuad Garuda bermain cukup bagus saat menghadapi juara Piala Asia 2015 itu dengan menguasai bola sebanyak 48 persen, 5 percobaan, 1 di antaranya tepat sasaran. Shin Tae-yong pun mengapresiasi dan puas dengan penampilan serta kerja keras Rafael Struick dkk.



"Dalam konteks pertandingan, kami tidak bermain buruk. Jadi saya tidak bisa merasa sedikitpun malu. Terlepas dari gol pertama yang kami kebobolan, saya ingin berterima kasih kepada para pemain saya. Saya sangat senang dengan kinerja kami," jelas Shin Tae-yong.

Pada laga-laga sebelumnya di fase grup Piala Asia 2023, Timnas Indonesia juga tampil cukup menjanjikan hingga menciptakan sejarah baru yakni lolos ke 16 besar untuk pertama kalinya. Kini, asa skuad Garuda untuk memperpanjang sejarahnya di Piala Asia 2023 harus sirna.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)