Hendra Carabao, Sosok di Balik Suksesnya Juara Biliar Indonesia International Open 2024

Senin, 29 Januari 2024 - 08:43 WIB
loading...
Hendra Carabao, Sosok di Balik Suksesnya Juara Biliar Indonesia International Open 2024
Hendra Kurniawan Carabao, Brian Axel Ferdian, Albert Januarta, didampingi Esmal Diansyah Direktur Sales & Marketing iNews Media Group saat berkunjung ke iNews Tower, Jumat (26/1/2024). (Foto: dok iNews Media Group/Arif Julianto)
A A A
JAKARTA - Hendra Kurniawan "Carabao" berperan penting di balik suksesnya keberhasilan dua atlet biliar junior di ajang Indonesia International Open 2024 U-17 9 Ball, yang berlangsung 16-25 Januari 2024 di Park Tower dan Royal Glasshouse, Kebon Sirih, Jakarta.

Pebiliar Albert Januarta tampil sebagai juara pertama, sedangkan juara kedua Brian Axel Ferdian, dan juara ketiga Made Aby Permana Putra. Indonesia International Open 2024 menjadi turnamen biliar internasional pertama yang disorot dunia.

Untuk pertama kalinya Indonesia sebagai tuan rumah, sukses mengundang 20 negara dengan 144 atlet terbaik biliar dari berbagai negara, untuk turut serta dan mangadu strategi di meja biliar.

Negara-negara yang ikut serta, antara lain Jepang, Korea, Hongkong, Vietnam, Singapura, Malaysia, Brunei, China Taipei, India, Filipina, Oman, Iran, Republik Ceko, Slovakia, New Zealand, Maldives, Spanyol, Yunani, dan Hungaria.

Ketua Umum Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI), Hary Tanoesoedibjo bersyukur ajang Indonesia International Open (IIO) 2024 berjalan lancar. Hary berharap, ajang biliar kelas dunia ini bisa menjadi agenda rutin.

"Ya bersyukur karena baru pertama kali ini ada event internasional, banyak juga negara berpartisipasi," kata Hary kepada Tim MNC.

Albert yang kini masih berusia 15 tahun sangat senang bisa menyabet gelar internasional pertamanya.

"Tentunya senang ya bisa juara dunia untuk pertama kalinya. Kenal biliar dari abang pertama kali dia main biliar, terus dia sering keluar kota, mungkin saya jadi tertarik untuk main biliar juga," ujarnya saat berkunjung ke iNews Tower, Jumat (26/1/2024).

Atlet muda kelahiran Tanjung Uban Kepulauan Riau pada 1 Januari 2009 ini sudah mengakrabi olahraga biliar sejak kecil. Siswa SMP Negeri 12 Bintan kelas IX-4 ini sebelumnya juga pernah mentas di dua turnamen luar negeri, yakni di Inggris dan Taiwan. Namun, Albert belum bisa meraih hasil maksimal karena terhenti di babak 16 dan 32 besar.

Senada dengan Albert, Axel (14), atlet biliar asal Slawi, Kabupaten Tegal, yang sudah menekuni olahraga biliar sejak usia 10 tahun, bangga bisa keluar menjadi juara kedua Indonesia International Open 2024.
Pada babak final siswa kelas 9 Global Inbyra School, Tegal, ini dikalahkan Albert karena melakukan kesalahan tembakan (miscue). Ke depannya ia berencana akan mengikuti kembali turnamen biliar internasional.

"Kedepannya ingin ikut berbagai turnamen lagi. Ingin ke turnamen luar negeri yang lebih bergengsi,” jelasnya.

Hendra Carabao, Sosok di Balik Suksesnya Juara Biliar Indonesia International Open 2024

Albert Januarta. (Foto: dok iNews Media Group/ Arif Julianto)

Binaan Carabao Billiards Indonesia

Albert dan Axel yang menorehkan prestasi gemilang di ajang internasional Indonesia International 2024, merupakan atlet junior binaan Carabao Billiards Indonesia. Carabao Billiards Indonesia merupakan klub biliar dari Batu, Malang, Jawa Timur, yang didirikan Hendra Kurniawan pada 2017 silam.

Hendra, sapaannya, yang merupakan CEO Carabao Billiards Indonesia sudah sangat familiar di kalangan pecinta olahraga biliar di Indonesia. Ia pertama kali bertemu Albert dan Axel saat turnamen Bali Open 2020 silam.

“Saya bikin turnamen Bali Open. Pas Covid-19 bikin gebrakan buka turnamen dengan hadiah hingga ratusan juta. Dari situlah saya ketemu mereka, kemudian saya rekrut untuk gabung di Carabao. Awalnya, mereka mainnya belum bagus. Tapi, sekarang luar biasa banget,” kata Hendra di iNews Tower, Jumat (26/1/2024).

Dengan ketekunan yang dijalani, Hendra kini memiliki 4 atlet junior, kelas menengah 5 orang, pemain nasional 2 orang, dan pemain internasional 5 orang. Atlet binaan Carabao Billiards Indonesia berhasil meraih medali emas di beberapa kejuaraan tingkat lokal maupun tingkat nasional.

“Saya juga punya lima pemain dunia. Di Filipina tiga, Amerika satu, juara dunia trick shot. Saya endorse juga. Mungkin saya distributor satu-satunya di Indonesia punya pemain dunia, tujuannya trigger market ini supaya bergairah,” ujarnya.

Hendra Carabao, Sosok di Balik Suksesnya Juara Biliar Indonesia International Open 2024

Brian Axel Ferdian (Foto: dok iNews Media Group/ Arif Julianto)

Tahun lalu Carabao Billiards memberangkatkan dua atlet juniornya, Albert dan Axel di kejuaraan Internasional bola 9 (Nine Ball) di London, Inggris yang diadakan oleh Matchroom Multi Sport Limited (“Matchroom”) bertajuk Jayson Shaw Junior Open di Copper Box Arena, London, Inggris pada Juni 2023.

Sebagai sponsor, promotor, sekaligus coach, Hendra mengatakan bahwa turnamen tersebut menjadi ajang pertama kalinya atlet junior di Indonesia bertanding di UK.
Hendra, sapaan akrab pria kelahiran 7 Maret 1985 silam, merupakan mantan atlet biliar yang pernah beberapa kali menjuarai turnamen tingkat daerah, kini fokus mengembangkan bisnis rumah biliar, dan mencetak atlet biliar muda berbakat dalam naungan Carabao Billiards Indonesia.

“Komunitas ini berawal dari hobi bermain biliar, saat saya membuat Pro Shop tahun 2017. Saya terus berjuang melahirkan atlet muda biliar potensial mulai tingkat lokal, nasional, hingga level internasional,” ujar Hendra.

Family Biliar Memajukan Biliar Indonesia

Kini Hendra beralih menjadi seorang pebisnis Carabao Bistro & Pool. Melalui akun instagram @carabao_billiards, ia seringkali membagi aktivitas bisnisnya yang berkembang pesat. Ia menjadi pelopor rumah biliar dengan konsep family friendly.

“Carabao Bistro & Pool adalah Pool Hall yang sangat unik, di mana menggunakan konsep family friendly, yang sangat diminati oleh orang tua untuk bisa bermain biliar dengan membawa anak-anaknya, tanpa khawatir dengan asap rokok dan alkohol,” ungkapnya.

Tidak hanya sekedar bisnis, dari hobi biliar, Hendra membentuk komunitas sehingga orang-orang dapat bermain dan mengasah kemampuan bermain biliar. Sehingga, olahraga ini semakin diminati seluruh lapisan masyarakat.

"Sejak selesai menjadi atlet biliar kini saya menekuni bisnis yang masih terkait dengan biliar. Saya mendirikan Carabao Billiards. Selain ingin memberikan wadah bagi masyarakat yang hobi bermain olahraga biliar, tujuan lain ingin olahraga biliar semakin diminati berbagai kalangan," ujar Hendra.

Olahraga biliar memang tidak sepopuler sepakbola. Walaupun begitu, tak menyurutkan niat Hendra agar ada regenerasi dan menghasil atlet biliar bukan hanya level nasional makin menembus di jenjang internasional.

"Untuk mewujudkan mimpi saya kini sudah terbentuk komunitas yang bernama Carabao Billiards Indonesia. Komunitas ini adalah wadah agar penghobi biliar ataupun mereka yang memiliki bakat biliar dapat mengasah kemampuannya. Juga sebagai regenerasi atlet biliar Tanah Air," kata Hendra yang merangkap sebagai pelatih dan mentor bagi komunitas tersebut.

Bagi Hendra, biliar merupakan bisnis hiburan yang cukup potensial, karena, permainan olahraga biliar memiliki daya tarik yang atraktif, sehingga membuat penggemarnya rela menghabiskan waktu berjam-jam.
Oleh karena itu, terjun ke bisnis hiburan biliar dapat dikatakan sebagai peluang usaha yang tepat dalam mendatangkan dan mendulang rupiah.

“Kalau saya ini distributor sama importir, terus yang kedua kita sering buat event. Kita juga punya tempat biliar, jadi saling sinergi dan ada klub sama tim juga ada cuman saya fokus ke regenerasi anak-anak muda,” ungkapnya.

Tidak tanggung-tanggung untuk memajukan biliar di Indonesia Hendra menggandeng artis terkenal Raffi Ahmad.

"Dengan kehadiran Raffi Ahmad diharapkan olahraga biliar semakin maju dan disukai masyarakat bahkan Ketua Umum PB POBSI Hary Tanoesoedibjo sangat antusias dengan kerja sama ini," pungkas Hendra.
(skr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)