Pelatih Bali United Buka Peluang Rekrut Pemain Naturalisasi dan Diaspora Timnas Indonesia

Rabu, 31 Januari 2024 - 07:07 WIB
loading...
Pelatih Bali United Buka Peluang Rekrut Pemain Naturalisasi dan Diaspora Timnas Indonesia
Pelatih Bali United Stefano Cugurra membuka peluang untuk merekrut pemain naturalisasi maupun diasporaa Timnas Indonesia yang tampil mengesankan di Piala Asia 2023 / Foto: Bali United
A A A
Pelatih Bali United Stefano Cugurra membuka peluang untuk merekrut pemain naturalisasi maupun diasporaa Timnas Indonesia yang tampil mengesankan di Piala Asia 2023 . Menurutnya, semua pemain tersebut memiliki kualitas.

Skuad Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023 diperkuat oleh beberapa pemain yang berkarier di Liga 1, naturalisasi hingga diaspora. Untuk pemain yang mentas di Liga 1, ada Ernando Ari, Rizky Ridho, Egy Maulana, Yakob Sayuri, hingga Witan Sulaeman yang kerap menjadi andalan.

Sementara untuk pemain naturalisasi, di antaranya ada Jordi Amat, Rafael Struick, Ivar Jenner, Sandy Walsh hingga Shayne Pattynama. Kemudian pemain diaspora alias abroad, ada Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Elkan Baggott, hingga Marselino Ferdinan.



Jika melihat perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, mayoritas skuad asuhan Shin Tae-yong yang sering dimainkan adalah pemain naturalisasi dan diaspora. Mereka pun sukses mengantarkan skuad Garuda mencatatkan sejarah baru yakni lolos ke 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya.

Sayangnya, langkah Tim Merah Putih harus terhenti setelah kalah dari Australia 0-4 pada laga 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024) malam WIB. Kendati begitu, Teco tetap memuji kualitas semua pemain di Timnas Indonesia yang patut diacungi jempol.

"Semua pemain memiliki kualitas dan bagus bersama Timnas Indonesia. Menurut saya bukan yang hanya pemain naturalisasi saja, semua yang diberikan kepercayaan membantu Timnas memiliki kualitas di lapangan, kata Teco dikutip dari laman resmi Bali United, Selasa (30/1/2024).



Selain memuji skuad Timnas Indonesia, Teco juga tertarik terhadap para pemain naturalisasi maupun diaspora Garuda. Bahkan, ia tak menampik bahwa suatu saat nanti Bali United ingin merekrut beberapa di antara mereka ke klub asal pulau dewata ini.

Namun, Teco menegaskan bahwa untuk memboyong para pemain naturalisasi maupun diaspora Timnas Indonesia harus tahu dulu status kontrak mereka. Selain itu, perlu dihubungi apakah yang bersangkutan mau gabung Bali United atau tidak. Terakhir, harus menyesuaikan anggaran klub.

"Hal ini (perekrutan) harus diketahui lebih dulu pemain bersangkutan sudah selesai kontrak atau belum dengan tim sebelumnya. Lalu pemain tersebut juga ingin main di Bali United atau tidak. Dan terakhir adalah perlu tahu dari manajemen punya budget untuk bayar pemain berapa. Saya pikir apapun bisa terjadi di sepakbola," imbuhnya.

Terlepas dari hal itu, Bali United sendiri saat ini memiliki beberapa pemain berlabel Timnas Indonesia. Sebut saja seperti Ricky Fajrin, Muhammad Ridho, Kadek Arel, Irfan Jaya, Yabes Roni, hingga Ilija Spasojevic.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)