Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rabu, 31 Januari 2024 - 16:26 WIB
loading...
Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Foto: Reuters
A A A
Timnas Indonesia kini sudah mulai harus move on dari Piala Asia 2023 setelah tersingkir di babak 16 besar. Agenda bergengsi terdekat adalah Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua, Timnas Indonesia tergabung di grup F bersama Filipina, Vietnam, dan Irak. Dari kalsmen sementara, Tim Garuda yang baru mendapat satu poin masih menghuni dasar klasmen.

Satu poin Timnas Indonesia didapat dari hasil imbang melawan Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila. Sebelum itu, Indonesia harus menelan kekalahan menyakitkan 5-1 dari Irak dalam laga tandang.

Irak masih menjadi pemuncak klasmen di matchday kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 ini dengan mengantongi 6 poin. Posisi kedua ditempati oleh Vietnam dengan tiga poin, sementara poin Filipina sama dengan Indonesia yakni satu poin.

Pertandingan selanjutnya yang diperkirakan akan digelar pada 21 Maret mendatang, Timnas Indonesia harus menghadapi Vietnam di kandang. Dilanjutkan tanggal 26 Maret di kandang Vietnam.

Mampukah Indonesia Lolos Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026?


Jalan untuk lolos babak 3 kualifikasi Piala Dunia 2026 masihlah terbuka lebar untuk Indonesia jika mampu tampil konsisten di laga-laga berikutnya. Mengingat dalam empat laga sisa ini, Indonesia akan melakoni 3 laga kandang dan 1 laga tandang.

Terlebih pada Maret 2024 mendatang, Indonesia kemungkinan akan mendatangkan beberapa amunisi baru, seperti Thom Haye dan Nathan Tjoe (SC Heerenveen), Jay Idzes (Venezia), Maarten Paes (FC Dallas) dan Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard).

Laga kandang menghadapi Vietnam ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh Shin Tae yong jika ingin mempertahankan asa untuk lolos ke putaran selanjutnya.

Jika Timnas Indonesia mampu menang dalam dua laga beruntun menghadapi Vietnam, maka jalan mereka ke babak 3 akan semakin mulus karena hanya harus memetik satu kemenangan lagi.

Hal yang sama juga berlaku jika timnas Indonesia meraih empat poin (sekali menang sekali imbang) dalam dua laga melawan Vietnam. Dengan catatan Vietnam harus kalah dari Irak di laga selanjutnya.

Namun, jika timnas Indonesia imbang dalam dua laga tersebut dan hanya mendapat 2 poin, maka jalan Indonesia ke babak 3 kualifikasi akan semakin sulit. Karena harus menang dalam dua laga selanjutnya dan berharap Vietnam tak memetik kemenangan di laga selanjutnya.

Hal terburuk adalah jika timnas Indonesia harus kalah dalam dua laga berturut-turut dari Vietnam. Ini akan membuat peluang untuk lolos serasa mustahil bagi Merah Putih.

Itulah hitung-hitungan Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Meski kini Indonesia berada di dasar klasmen, perjalanan masihlah sangat panjang dan belum bisa ditentukan tim mana yang akan lolos ke babak selanjutnya karena bisa saja akan terjadi kejutan tak terduga di beberapa laga.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1146 seconds (0.1#10.140)