Waspada! Gelombang Tinggi di Perairan NTT Selama 3 Hari, Ketinggian 2,5 Meter

Rabu, 31 Januari 2024 - 17:19 WIB
loading...
Waspada! Gelombang Tinggi di Perairan NTT Selama 3 Hari, Ketinggian 2,5 Meter
BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk waspadai gelombang tinggi di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) selama beberapa hari ke depan. Foto/Ilustrasi
A A A
KUPANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk waspadaigelombang tinggi di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) selama beberapa hari ke depan.

BMKG melalui Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang memprakirakan tinggi gelombang bisa mencapai hingga 2,5 meter di beberapa titik wilayah perairan NTT selama 3 hari berturut-turut, Kamis (1/2) – Sabtu (3/2/2024).

Hal itu disampaikan Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang, Nur Ida Hasana, kondisi ini berpotensi terjadi di Selat Sape, Selat Sumba, Laut Sawu, Samudera Hindia, dan perairan Kupang-Rote.



”Waspadai gelombang laut dengan ketinggian 1,25-2,5 meter di Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu, perairan Kupang-Rote, dan Samudera Hindia selatan Kupang-Rote,” kata Hasana, Rabu (31/1/2024).

”Gelombang laut ini berisiko tinggi terhadap perahu nelayan dan kapal tongkang,” sambungnya.



Secara sinoptik, angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 1-5 Skala Beaufort.

Dia mencatat, kondisi yang masih aman terpantau di wilayah perairan utara Flores, Selat Sape bagian utara, Selat Sumba bagian timur, Selat Flores-Lamalera, Selat Alor-Pantar, Selat Ombai, dan Selat Wetar.

Tinggi gelombang di sejumlah titik wilayah perairan yang masih tergolong aman ini berkisar antara 0,5-1,25 meter.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)