Venue Asian Games di Jabar Dipastikan Rampung Sesuai Target

Jum'at, 08 Juni 2018 - 20:00 WIB
Venue Asian Games di Jabar Dipastikan Rampung Sesuai Target
Venue Asian Games di Jabar Dipastikan Rampung Sesuai Target
A A A
BANDUNG - Renovasi seluruh arena pertandingan (venue) Asian Games 2018 di Provinsi Jawa Barat dipastikan rampung sesuai target, 18 Juli 2018 mendatang. Perbaikan fisik dan sarana penunjang tersebut berjalan baik dan menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Panitia Lokal Asian Games 2018 yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya sudah memantau seluruh venue cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Jabar. Hasilnya, kata Iwa, semua renovasi hampir tuntas dan tinggal menyisakan sedikit pekerjaan. "Alhamdulillah saya sudah tinjau langsung secara fisik di lapangan dan perkembangannya sangat signifikan," kata Iwa di Bandung, Jumat (8/6/2018).

Sebagai contoh, perbaikan Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka perkembangan proyeknya sudah mencapai 96%. Menurutnya, renovasi venue cabor kano ini tinggal mempercantik bagian sekitarnya, seperti penyiapan lahan parkir. Bahkan, kekurangan fasilitas pertandingan, seperti alat pembuat ombak pun telah dipenuhi, sehingga venue ini tinggal menunggu waktu untuk digunakan. "Jadi tinggal pemeliharaan saja," ujarnya.

Selain itu, untuk pertandingan cabor balap sepeda di Kabupaten Subang, renovasi venue dan aksesnya sudah rampung. Iwa menyebutkan, anggaran perbaikan jalan menuju venue tersebut sudah disiapkan dari dana CSR Bank BJB. "Sekarang sedang dalam proses administrasi. Saya sudah cek kepada Dinas PU Kabupaten Subang, mereka sedang melengkapi persyaratan yang diminta oleh BJB," ujarnya.

Dengan begitu, Iwa meyakinkan, perbaikan jalan menuju venue cabor balap sepeda itu akan segera dibangun. "Jadi tidak akan lama. Paling dua sampai tiga minggu sudah selesai," katanya.

Kondisi menggembirakan pun terlihat di Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung yang akan digunakan untuk pertandingan sepakbola. Menurut Iwa, rumput lapangan sudah menunjukkan perkembangan yang baik dan sesuai standar internasional. "Rumput sudah dicek oleh ahlinya dan alhamdulillah kondisinya sudah semakin bagus, tinggal satu tahapan lagi," katanya.

Adapun untuk perbaikan fisik lainnya di Stadion Si Jalak Harupat, tambah Iwa, tinggal tahap akhir saja, seperti pemeliharaan untuk kebersihan dan keindahan. "Insya Allah setelah Idul Fitri akan kita pantau terus. Sekarang pun pekerjaan sampai tanggal 10 (Juli) tetap dilakukan dari segi fisik, tanggal 13 (Juli) tinggal pengecatan," katanya.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6880 seconds (0.1#10.140)