Hanya Mempertaruhkan Nyawa dan Habiskan Anggaran, Capres AS Ini Serukan Penarikan Pasukan dari Timur Tengah

Sabtu, 03 Februari 2024 - 14:25 WIB
loading...
Hanya Mempertaruhkan Nyawa dan Habiskan Anggaran, Capres AS Ini Serukan Penarikan Pasukan dari Timur Tengah
Pasukan AS hanya menghabiskan anggaran saat ditempatkan di Timur Tengah. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Robert F Kennedy Jr, calon presiden AS sebagai dari kubu independen, menyerukan penarikan pasukan dari negara-negara Timur Tengah . Itu sebagai tanggapan atas serangan AS di Irak dan Suriah dengan kritik tajam terhadap kebijakan Washington yang menempatkan pasukan di negara-negara yang tidak bersahabat di Timur Tengah.

Dalam postingannya di X, Kennedy mengatakan serangan itu tidak akan diperlukan jika pemerintahan AS berturut-turut tidak menempatkan pasukan AS “di garis bidik” kelompok bersenjata Syiah.

“Kita harus mengeluarkan pasukan darat yang tidak diinginkan dari Timur Tengah, dan hanya mempertahankan pangkalan-pangkalan lama yang diterima oleh negara tuan rumah mereka,” kata Kennedy, dilansir Al Jazeera.

“Kita harus fokus pada memperkuat sekutu Sunni kita di wilayah ini, berkomitmen pada penegakan jalur pelayaran [perpanjangan dari Fortress America], dan mendorong pertemuan puncak diplomatik di mana keluhan dapat disampaikan, kepercayaan dapat dibangun, dan solusi sedikit demi sedikit dapat dinegosiasikan dengan cara yang sama negara-negara yang mempunyai hak dan alasan untuk berada di lapangan.”

Kennedy Jr mengatakan kebijakan Washington saat ini mempertaruhkan nyawa warga Amerika dan menghabiskan uang yang tidak perlu dibelanjakan.



“Pos-pos kecil ini tidak memiliki kemampuan untuk menghentikan Iran menyerang sekutu kami atau melakukan serangan bom,” kata Kennedy Jr. “Yang mereka lakukan hanyalah membuka pintu bagi AS untuk melakukan eskalasi wajib setiap kali seorang pahlawan Amerika terbunuh. Tapi mungkin itulah intinya.”

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan Presiden Biden telah memerintahkan tindakan tambahan terhadap Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan kelompok bersenjata yang terkait dengannya.

“Ini adalah awal dari tanggapan kami,” kata Austin.

Serangan tersebut menargetkan Pasukan Quds – spionase asing dan cabang paramiliter IRGC yang sangat mempengaruhi milisi sekutu di Timur Tengah, dari Lebanon hingga Irak dan Yaman hingga Suriah.

Namun Pentagon mengatakan mereka tidak menginginkan perang dengan Iran dan tidak yakin Teheran juga menginginkan perang. “Kami tidak mencari konflik di Timur Tengah atau di mana pun. Tapi presiden dan saya tidak akan mentolerir serangan terhadap pasukan Amerika,” kata Austin.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)