Suka Lupa? Ini Makanan Terbaik untuk Memperkuat Daya Ingat

Minggu, 04 Februari 2024 - 08:07 WIB
loading...
Suka Lupa? Ini Makanan Terbaik untuk Memperkuat Daya Ingat
Suka lupa? Ada banyak makanan yang baik untuk memperkuat daya ingat. Foto/ india
A A A
JAKARTA - Apakah Anda harus mempersiapkan ujian penting, tetapi takut mengalami masalah ingatan? Atau apakah Anda orang dewasa yang kadang-kadang lupa akan berbagai hal penting?

Ya, lupa terkadang bukan masalah besar dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun, jika kasus kelupaan atau kurangnya kemampuan menghafal Anda terlalu jelas dan sering terjadi, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter.



Namun, mengatasi masalah ini, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang bisa membantu memperkuat daya ingat.

Dikutip times of india, ada banyak makanan otak yang harus Anda sertakan dalam diet harian Anda mulai hari ini. Sebut saja minyak zaitun, kenari, kacang almond, kismis, kurma dan buah-buahan segar.

Makanan lain yang bagus untuk kesehatan otak Anda termasuk lentil, kacang-kacangan, paneer dan dal. Selain itu, biji jintan membuka saluran otak dan lada hitam meningkatkan api pemrosesan pikiran kita

Ramuan Ayurveda mendukung dan meningkatkan ketiga kemampuan belajar di otak manusia – Dhi, Dhriti, dan Smriti. Beberapa ramuan khusus ini, seperti Gotu Kola, Ashwagandha, dan Bacopa bekerja sebagai penambah daya ingat yang sangat baik.

Otak juga membutuhkan oksigen agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, dengan konsumsi oksigen yang tinggi dan kandungan kaya lipid, otak kita sangat rentan terhadap stres oksidatif. Hal ini menyebabkan kelebihan radikal bebas di sel-sel tubuh.

Antioksidan adalah solusi yang terbukti untuk menetralisir radikal bebas dan menyeimbangkan keadaan pikiran Anda. Buah dan sayuran berwarna merah muda dan merah, seperti semangka dan tomat, kaya akan antioksidan.

Pakar Ayurveda merekomendasikan bahwa minum teh herbal dapat menghidrasi otak dan meningkatkan kekuatan mental dan memori. Beberapa ramuan khusus teh herbal tersebut antara lain hing, haldi, ajwain, dan tulsi.



Selain itu, kurang tidur dapat sangat menghambat fungsi otak sehingga mengganggu daya ingat dan kemampuan berpikir. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam.

Usahakan untuk tidur dan bangun di pagi hari pada waktu yang sama setiap hari. Selain itu, disarankan untuk menyinkronkan siklus tidur Anda dengan jam matahari terbenam dan matahari terbit untuk mendapatkan manfaat maksimal. Jika sulit tidur, ramuan ayurveda Bacopa dapat membantu menenangkan otak Anda dan juga meningkatkan kualitas tidur.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)