Empat Calon Emiten Bakal Melantai di Bursa Pekan Depan, Siapa Saja?

Minggu, 04 Februari 2024 - 16:42 WIB
loading...
Empat Calon Emiten Bakal Melantai di Bursa Pekan Depan, Siapa Saja?
SEbanyak 4 calon emiten baru akan memulai debut di bursa pada pekan depan. FOTO/Ilustrasi/Dok.
A A A
JAKARTA - Pekan kedua bulan Februari 2024 akan kembali diramaikan dengan pencatatan saham sejumlah perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebanyak empat calon emiten yang berasal dari sektor teknologi, energi dan konsumer siklikal akan melantai di bursa pada 7 Februari 2024.

Calon emiten pertama adalah PT Terang Dunia Internusa Tbk. Produsen sepeda, sepeda listrik, moped dan E-motor merek United ini akan melepas sebanyak 1,66 miliar saham atau 25% dari total modal ditempatkan dan disetor. Dengan harga penawaran sebesar Rp240 per saham, perseroan berpotensi meraup dana segar sebesar Rp400 miliar.

Perusahaan berencana menggunakan seluruh dana hasil dari penawaran umum perdana ini untuk modal kerja, yaitu melakukan pembelian bahan baku sepeda motor listrik dan EMoped, antara lain untuk pembelian frame, baterai, dinamo, wheel-set, multi-information display (speedometer digital, GPS), brake system, dan suspension. PT Terang Dunia Internusa Tbk akan tercatat dengan kode UNTD.



Selanjutnya adalah PT Topindo Solusi Komunika Tbk. Perseroan menawarkan sebanyak 875 juta saham atau 20% dari total modal yang ditempatkan dan disetor. Adapun, harga IPO yang ditetapkan sebesar Rp125 per saham dengan potensi raihan dana segar sebesar Rp109,37 miliar.

Perihal penggunaan dana, perusahaan menyebutkan bahwa sekitar 40% akan digunakan untuk keperluan modal kerja berupa pembelian persediaan produk digital seperti produk telekomunikasi, voucher game, token, dan payment point online bank (PPOB ). Lainnya untuk pengembangan sistem IT (hardware dan software).

Kemudian, sekitar 9,53% akan dialokasikan untuk entitas anak, yaitu PT Topindo Niaga Nusantara (TNN), dalam bentuk penyetoran modal, yang digunakan oleh TNN untuk keperluan modal kerja berupa pembelian persediaan produk retail TNN. Serta, sekitar 50,47% akan dialokasikan untuk entitas anak yaitu PT Topindo Ikon Properti (TIP) dalam bentuk penyetoran modal. PT Topindo Solusi Komunika Tbk akan tercatat dengan kode TOSK

Calon emiten selanjutnya adalah PT Ancara Logistics Indonesia Tbk. Unit usaha dari Grup Bakrie ini akan mencatatkan saham di bursa pada pekan depan dengan harga penawaran sebesar Rp272 per saham.



Perseroan menawarkan 3,16 miliar saham atau 20,00% dari total modal ditempatkan dan disetor. Melalui aksi korporasi ini, perseroan menargetkan perolehan dana segar sebesar Rp860,92 miliar. PT Ancara Logistics Indonesia Tbk akan tercatat dengan kode emiten ALII.

Terakhir adalah PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk. Dalam IPO-nya, perseroan melepas 312,50 juta saham atau 20% dari total modal ditempatkan dan disetor. Adapun, perseroan telah menetapkan harga IPO sebesar Rp268 per saham dan berpotensi meraih dana sebesar Rp83,75 miliar. PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk akan tercatat dengan kode MPIX.

Bersamaan dengan IPO, calon emiten teknologi ini juga menerbitkan sebanyak 156,25 juta Waran Seri I atau sebesar 12,50% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh, dengan harga pelaksanaan Rp850. Waran Seri I dapat dilaksanakan menjadi saham perseroan setelah 18 bulan sejak diterbitkan hingga ulang tahun kedua sejak tanggal pencatatan Waran Seri I, yang berlaku mulai tanggal 6 Agustus 2025 sampai dengan 6 Februari 2026.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4212 seconds (0.1#10.140)