Mahasiswa UI, Ini 3 Jenis Beasiswa yang Bisa Mengurangi Biaya BOP dan Dapat Uang Saku Bulanan

Senin, 05 Februari 2024 - 08:30 WIB
loading...
Mahasiswa UI, Ini 3 Jenis Beasiswa yang Bisa Mengurangi Biaya BOP dan Dapat Uang Saku Bulanan
UI saat ini menyediakan beberapa beasiswa bagi mahasiswanya yang berprestasi ataupun kurang mampu untuk membayar biaya kuliah. Salah satu jenis beasiswa di UI adalah beasiswa universitas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 3 beasiswa di UI yang perlu diketahui para pemburu beasiswa. Universitas Indonesia (UI) selama ini menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) favorit.Tak heran banyak calon mahasiswa berbondong-bondong mendaftar di UI.

Selain berstatus PTN, di UI juga terdapt banyak fasilitas beasiswa. Perlu diketahui, UI saat ini menyediakan beberapa beasiswa bagi mahasiswanya yang berprestasi ataupun kurang mampu untuk membayar biaya kuliah.

Dilansir dari laman resmi UI, mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa dari internal UI, pemerintah, swasta, ataupun dosen dan para lulusan UI. Artikel kali ini akn khusus membahas 3 beasiswa di UI

3 Beasiswa untuk Mahasiswa Universitas Indonesia (UI)


1. Beasiswa Universitas


Beasiswa ini berikan oleh UI melalui Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B) yang memberikan pengurangan besaran BOP dan besaran Uang Pangkal (UP). Mahasiswa dapat mengajukan permohonan BOP-B sebelum periode registrasi administasi dimulai sesuai dengan jalur penerimaan di universitas.

Kampus akan mengevaluasi keadaan finansial mahasiswa berdasarkan penghasilan orangtua, jumlah tanggungan orangtua, aset yang dimiliki, dan rekomendasi dari RT atau RW.

2. Beasiswa Sponsor


Beasiswa sponsor diberikan untuk mahasiswa UI dari pihak luar, seperti pemerintah, bank, dan perusahaan swasta lainnya. Biasanya pihak sponsor memberikan keuntungan yang beragam, ada yang hanya memberikan uang saku per bulan selama setahun.



Ada pula beasiswa yang memberikan uang saku bulanan ditambah dengan tunjangan BOP sampai mahasiswa tersebut lulus. Berdasarkan catatan UI, setiap tahunnya, sekitar 250 mahasiswa S1 Reguler dari seluruh angkatan mendapat beasiswa dari berbagai sponsor.

3. Beasiswa POMDA


Persatuan Orangtua Mahasiwa, Dosen, dan Alumni (POMDA) yang merupakan lembaga resmi di UI menjadi wadah bergabungnya orangtua mahasiswa, dosen, dan alumni dalam misi mendukung terwujudnya proses belajar mengajar yang sehat, berkeadilan, dan berkualitas.

POMDA membantu mahasiswa yang kurang mampu dengan memberikan beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan, biaya hidup, dan lain-lain.

Apabila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai tiga beasiswa tersebut, kamu bisa langsung mengunjungi laman https://penerimaan.ui.ac.id/id.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5750 seconds (0.1#10.140)