10 Drone Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Buatan Turki

Senin, 05 Februari 2024 - 08:15 WIB
loading...
10 Drone Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Buatan Turki
Drone MQ-20 Avenger memiliki sensor canggih dan senjata beragam. (Foto: X/Wionnews)
A A A
JAKARTA - Perkembangan teknologi telah menghadirkan deretan drone paling mematikan di dunia. Berita terbaru tentang keberhasilan drone Magura V menenggelamkan kapal perang Rusia menjadi salah satu contohnya.

Drone secara perlahan tapi pasti telah mengubah metode pertempuran dalam perang modern. Pesawat tanpa awak ini telah mendominasi medan pertempuran terutama dalam memperebutkan supremasi udara.

Selain karena berbiaya murah, operasional drone tanpa awak juga menjamin keselamatan manusia. Dari sisi teknologi, drone juga mudah dimodifikasi dengan beragam persenjataan mematikan, mulai dari senapan mesin, pelontar granat, hingga rudal.

Tak hanya memerankan sebagai senjata mematikan, drone juga efektif diterjunkan sebagai mata-mata untuk mengintip kekuatan musuh, pergerakan pasukan serta informasi penting lainnya yang menjadi penentu kemenangan.

Tak heran, nyaris semua negara kini berlomba-lomba menghadirkan drone paling canggih dan mematikan di dunia. Sebut saja Rusia, Amerika, Israel, China, Iran, Turki dan lain sebagainya.


Dilansir dari Wionews, Senin (5/2/2024), berikut 10 drone paling mematikan di dunia, yang dimiliki negara-negara adidaya.

1. MQ-9b Sky

10 Drone Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Buatan Turki


Drone Amerika Serikat ini dijual seharga USD3,99 miliar atau Rp 61 triliun ke India , untuk 31 unit. MQ-9b Sky dibuat oleh General Atomics. Terkenal karena daya tahannya yang luar biasa, drone yang sangat mematikan ini dapat beroperasi dalam jarak jauh selama lebih dari 40 jam.

MQ-9B Sky Guardian merupakan evolusi dari MQ-9 Reaper. Drone ini dipersenjatai rudal AGM-114R Hellfire, GBU-39B/B Laser Small Diameter Bombs (LSDBs) dan dilengkapi dengan sensor, radar serta sistem komunikasi canggih. Dengan spesifikasinya, drone ini sangat efektif digunakan untuk misi pengintaian dan melakukan serangan secara presisi.

2. Sukhoi S-70 Okhotnik-B

10 Drone Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Buatan Turki


Sukhoi S-70 Okhotnik-B milik Rusia adalah kendaraan udara tempur tanpa awak (UCAV) yang dirancang untuk misi serangan tersembunyi dan bersifat otonom. Drone ini mampu membawa muatan hingga 2.000 kilogram serta rudal.


3. Gongji-11 Sharp Sword

10 Drone Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Buatan Turki
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)