Musim Kemarau, Ratusan Warga Kali Manggis Kesulitan Air Bersih

Selasa, 19 Juni 2018 - 17:06 WIB
Musim Kemarau, Ratusan Warga Kali Manggis Kesulitan Air Bersih
Musim Kemarau, Ratusan Warga Kali Manggis Kesulitan Air Bersih
A A A
TEMANGGUNG - Kemarau yang melanda wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dampaknya mulai dirasakan warga Desa Kali Manggis, Kecamatan Kaloran. Saat ini mereka kesulitan mendapatkan air bersih lantaran sumber air yang ada di desa tersebut sudah mengering.

Guna mencukupi kebutuhan air bersih sehari-hari mereka terpaksa harus ngangsu (mengambil air) di sumber air di Desa Ngoho, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang yang jaraknya cukup jauh.

“Sumber air dan sumur warga di Kali Manggis sudah mengering sejak 3 bulan lalu. Sejak saat itu, saya ngangsu air di sini (Desa Ngoho),” kata Dahmini, warga Dusun Jagang, Kali Manggis, Selasa (19/6/2018).

Menurut dia, air tersebut hanya digunakan untuk kebutuhan memasak dan minum. Sedang untuk mandi cuci kakus, warga harus melakukan di Sungai yang jaraknya cukup jauh dari rumah warga.

“Air yang diambil dari sumber air itu untuk kebutuhan memasak dan minum. Mandi dan mencuci di sungai,” ujarnya.

Warga lain, Sriyati (36) mengatakan, tempat tinggalnya yang berada di perbukitan memang masuk daerah rawan kekeringan. Setiap musim kemarau sumber air yang ada selalu mengering. "Daerah kami termasuk daerah rawan kekeringan. Sehingga setiap musim kemarau panjang, warga kesulitan mendapatkan air bersih," katanya.

Dia berharap, pemerintah peduli dengan kesulitan warga dalam mendapatkan air bersih. "Kami sangat berharap secepatnya ada bantuan air dari pemerintah. Dan kami juga berharap pemerintah bisa membuatkan sumur dalam agar ada sumber air baru,” ucapnya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3600 seconds (0.1#10.140)