Prakiraan Formasi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Full Pemain Liga 1

Selasa, 06 Februari 2024 - 12:14 WIB
loading...
Prakiraan Formasi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Full Pemain Liga 1
Timnas Indonesia U-23 sepertinya bakal mengeluarkan kekuatan pemain lokal Liga 1 saat tampil di Piala Asia U-23 2024 / Foto: PSSI
A A A
Timnas Indonesia U-23 sepertinya bakal mengeluarkan kekuatan pemain lokal Liga 1 saat tampil di Piala Asia U-23 2024. Ini disebabkan lantaran ada kemungkinan pemain keturunan yang berkarier di Asia maupun Eropa tidak bakal dilepas klub.

Hal itu disebabkan karena Piala Asia U-23 2024 tidak masuk dalam kalender FIFA. Tak ada jalan lain bagi Shin Tae-yong, selain menyeleksi pemain lokal pada pemusatan latihan (TC).

Pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Hal itu sebagaimana disampaikan Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan.



Hanya saja, Endri tidak memberikan tanggal pasti kapan TC di Dubai itu akan berlangsung. "Yang TC-nya memang belum secara resmi ya, artinya mungkin awal memang mau ke Dubai, kira-kira satu minggu sebelum lebaran kita ada di Dubai. Setelah itu mungkin kita tanggal 6 atau 7 (April) kembali ke Qatar untuk persiapan pertandingan yang sebenarnya di U-23," tuturnya.

TC kali ini tentunya terbilang berat bagi Shin Tae-yong. Karena dia harus benar-benar memilih pemain yang siap untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia U-23.

Apalagi Shin Tae-yong ditarget lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Belum lagi, mereka tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia. Lantas seperti apa prakiraan formasi Timnas Indonesia U-23 dengan full pemain Liga 1?



Jika memprediksi, Shin Tae-yong kemungkinan bakal menerapkan formasi 3-4-1-2 untuk Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Dalam formasi ini, tiga bek tengah memberikan dasar pertahanan yang kokoh, sementara bek sayap atau gelandang sayap memberikan lebar dan dukungan baik dalam bertahan maupun menyerang.

Gelandang tengah mengendalikan pusat lapangan, dan gelandang serang beroperasi di belakang dua penyerang, menghubungkan antara lini tengah dan serangan. Tapi perlu diinghat bahwa kesuksesan suatu formasi bergantung pada keterampilan individu pemain, kerja sama tim, dan strategi taktis pelatih.

Timnas Indonesia U-23 (3-4-1-2)


Ernando Ari, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Alfeandra Dewangga Santosa, Dony Tri Pamungkas, Beckham Putra, Muhammad Fajar Fathur Rachman, Arkhan Fikri, Titan Agung Bagus Fawwazi, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)