Siapa John Ryder, 2 Kali Juara Interim yang Pensiun usai Kalah TKO

Rabu, 07 Februari 2024 - 10:02 WIB
loading...
Siapa John Ryder, 2 Kali Juara Interim yang Pensiun usai Kalah TKO
Siapa John Ryder, 2 Kali Juara Interim yang Pensiun usai Kalah TKO/Golden Boy/Boxing247
A A A
Siapa John Ryder , 2 kali juara interim yang memutuskan pensiun dari tinju di usia 35 tahun setelah kekalahan TKO dari Jaime Munguia. Kabar mengejutkan datang setelah John Ryder memutuskan untuk mengakhiri kariernya di ring tinju dunia.

Petinju kidal asal Inggris berusia 35 tahun ini mengonfirmasi pengunduran dirinya pada hari Selasa, setelah lebih dari 14 tahun berkiprah di dunia profesional. Keputusan ini diambil kurang dari dua minggu setelah laga terakhirnya, dimana ia merasa sudah waktunya untuk memulai babak baru. "Dengan berat hati saya mengambil keputusan untuk menggantungkan sarung tinju dan pensiun dari dunia tinju profesional," Ryder mengumumkan dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di media sosial miliknya dan Matchroom Boxing.



"Saya benar-benar diberkati untuk memiliki karier yang luar biasa selama 14 tahun terakhir. Dimulai di Bethnal Green pada tahun 2010 dan berakhir di Phoenix, Arizona. Saya cukup beruntung bisa bertinju di mana saja, mulai dari O2 Arena, T-Mobile [Arena] di [Las] Vegas, Alexandra Palace, Manchester Arena hingga Guadalajara di Meksiko. Untuk seorang anak laki-laki dari Islington, itu merupakan perjalanan yang luar biasa,"tuturnya.

Ryder mengakhiri kariernya dengan rekor 32-7, dengan 18KO dan dua kali merebut gelar juara interim kelas menengah super. 'The Gorilla' terakhir kali berlaga pada tanggal 27 Januari, saat ia dihentikan dalam sembilan ronde oleh Jaime Munguia (43-0, 34KO) dalam ajang yang disiarkan langsung oleh DAZN di Footprint Center, Phoenix. Kekalahan tersebut merupakan yang kedua kalinya secara beruntun, yang menegaskan bahwa ia telah mencapai semua yang ia inginkan dalam kariernya yang sangat dihormati.

Sosok yang dicintai dari daerah Islington, London, ini meraih kesuksesan sederhana dalam karier amatirnya yang terbatas. Ryder memiliki rekor 30-5 saat mewakili Angel Amateur Boxing Club di kampung halamannya di Islington sebelum ia beralih ke dunia profesional pada September 2010.

Ryder tetap tampil sempurna dalam lima belas pertarungan sebelum ia kalah angka tipis dari Billy Joe Saunders yang lebih berpengalaman dalam pertarungan antara dua petinju tak terkalahkan pada bulan September 2013. Ia akan tetap berada di tingkat domestik Inggris, terkadang jatuh di bawah tingkat dunia dan pada kesempatan lain, ia berhasil masuk ke dalam pertarungan.

Yang terakhir ini terjadi pada tahun 2019, yang menandai debutnya di Amerika Serikat dan perebutan gelar juara dunia pertamanya dalam pertarungan beruntun. Ryder merebut gelar juara sementara kelas menengah super WBA dengan kemenangan KO pada ronde ketiga atas Bilal Akkawy yang tak terkalahkan. Kemenangan pada bulan Mei 2019 ini terjadi pada laga undercard dari pertandingan unifikasi kejuaraan kelas menengah Saul 'Canelo' Alvarez vs Daniel Jacobs di T-Mobile Arena, Las Vegas, dan menjadi laga perebutan gelar pertamanya.

Malam itu akan berakhir dengan patah hati, namun juga membuat Ryder meningkatkan statusnya sebagai seorang yang berprestasi. Ia dianggap oleh banyak orang kurang beruntung dalam sebuah keputusan mutlak dua belas ronde yang diperdebatkan dari Callum Smith dalam laga konsolidasi gelar kelas menengah super WBA pada bulan November 2019 di kota kelahiran Smith, Liverpool, Inggris.

Pandemi memperlambat kemajuannya sebelum Ryder kembali dengan empat kemenangan, termasuk dua kemenangan terbesar yang diraihnya dalam pertarungan beruntun pada tahun 2022. Ini adalah kesempatan langka di mana keputusan yang tidak pasti akan menguntungkannya, dan juga menyiapkan peluang gelar sementara berikutnya. Rekan senegaranya, Zach Parker, yang belum terkalahkan, telah berada dalam antrean untuk menantang gelar kelas menengah super WBO sementara, sebuah pertarungan yang diterima Ryder saat itu juga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)