Kehebatan Timnas Yordania Lolos ke Final Piala Asia 2023

Rabu, 07 Februari 2024 - 09:53 WIB
loading...
Kehebatan Timnas Yordania Lolos ke Final Piala Asia 2023
Kehebatan Timnas Yordania Lolos ke Final Piala Asia 2023. Foto: REUTERS/Molly Darlington
A A A
Timnas Yordania menjadi tim pertama yang berhasil mengamankan tiket partai final Piala Asia 2023 . Seperti apa profil tim hebat asal Timur Tengah itu?

The Chivalrous, julukan Yordania, lolos ke partai puncak setelah mengalahkan tim calon juara, Korea Selatan dengan skor 2-0 di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Selasa (6/2/2024) malam WIB.



Yordania tampil impresif di pertandingan ini karena mampu membuat Korea tidak berkutik sepanjang 90 menit. Pada akhirnya dua gol yang dicetak Yazan Al-Naimat dan Musa Al-Taamari menggaransi tiket lolos ke partai final.

Lalu, seperti apa profil tim hebat Yordania yang lolos ke final Piala Asia tahun ini?

Menurut catatan, sejak Piala Asia edisi pertama digelar 1956, sudah cukup banyak negara-negara Timur Tengah yang mengangkat trofi, sebut saja Arab Saudi, Iran, Kuwait, Irak, dan Qatar. Namun, Yordania belum pernah merasakan gelar.

Tahun ini, Yordania tampil dengan kekuatan pemain top. Transfermarkt menghitung skuad Timnas Yordania saat ini seharga Rp237,26 miliar dengan pemain termahal yakni Mousa Al-Tamari (Rp104 miliar) yang bermain untuk klub Liga Prancis, Montpellier Herault SC.

Di Piala Asia 2023, Yordania lolos sebagai tim teratas di klasemen peringkat tiga terbaik. Meski di fase grup mereka kalah dari Bahrain dan Korea Selatan, namun Yordania berhasil melangkah ke babak 16 besar setelah memuncaki klasemen peringkat tiga terbaik.

Di fase knock-out, Timnas Yordania berhasil mengalahkan Timnas Irak, Tajikistan, dan Korea Slatan sebelum akhirnya berhasil melangkah ke final. Dalam konferensi pers, pelatih Hussein Ammouta menyebut kunci sukses timnya lolos ke final adalah pola pikir juara.

"Pendekatan proaktif kami dan penekanan pada permainan menyeranglah yang membuat kami menjadi tim yang lebih efektif. Kami menampilkan pola pikir seorang juara, menunjukkan ketangguhan dan determinasi dalam setiap aspek permainan," kata Hussein Ammouta.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)