Manchester United Buka Wacana Bangun Stadion Baru, Old Trafford Tergusur?

Kamis, 08 Februari 2024 - 23:05 WIB
loading...
Manchester United Buka Wacana Bangun Stadion Baru, Old Trafford Tergusur?
Manchester United Buka Wacana Bangun Stadion Baru, Old Trafford Tergusur?
A A A
MANCHESTER - Pemilik 25 persen saham Manchester United , Sir James Ratcliffe dilaporkan ingin membangun stadion baru untuk Setan Merah. Pembangunan stadion anyar akan berpengaruh pada markas legendaris Manchester United, Old Trafford.

Diketahui, Sir James Ratcliffe yang juga merupakan pemilik INEOS berhasil mengakuisisi saham klub sebesar 25 persen. Ratcliffe dikabarkan akan melakukan perubahan besar-besaran di Manchester United, tak terkecuali pembangunan stadion baru.

Old Trafford yang sudah menjadi kandang Manchester United dalam 114 tahun terakhir berpotensi tergantikan. Namun begitu, menurut laporan Sky Sports, pembangunan stadion anyar ini akan tetap berada di sekitaran Old Trafford.



Manchester United memiliki lahan sebesar 43 hektar untuk dikembangkan demi pembangunan stadion baru. Kemudian, ada 100 hektar dari seperempat total lahan di sekitaran Old Trafford tidak terpakai. Lokasi ini yang direncanakan akan menjadi tempat bagi markas baru Setan Merah.

Meskipun begitu, belum ada keputusan bulat dari para petinggi Manchester United soal kemungkinan membangun stadion baru ini. Direktur Zaha Hadid Architects, Jim Heverin memandang baik ide pembangunan atau pemugaran Old Trafford. Menurutnya, stadion lama merupakan suatu aset bagi klub sepak bola.

“Di Old Trafford, Anda pasti mengharapkan mereka berpikir untuk menggunakannya kembali dan tidak pergi ke tempat lain. Lihat apa yang dilakukan Liverpool dengan modifikasi dan peningkatan kecil ini. Itu terlihat seperti masa depan dan bukan stadion baru,” tutur Heverin dikutip dari Sky Sports, Rabu (7/2/2024).

Legenda Manchester United, Gary Neville sudah sering mengingatkan bahwa Old Trafford membahayakan. Beberapa bagian dari lapangan sudah rusak, bahkan stadion terbesar klub Inggris ini tidak terpilih untuk Euro 2028.

"Saya dengar hanya ada sekitar beberapa ratus juta poundsterling yang dibelanjakan di Old Trafford. Itu masih jauh dari cukup. Saya lebih suka menghabiskan £200 juta untuk membangun stadion lama dan membuat dua bagian Old Trafford terlihat sangat menakjubkan,” ujar Neville beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, pemugaran atau pembangunan stadion anyar diperlukan untuk menopang kegiatan Manchester United. Sky Sports melaporkan, pemugaran Old Trafford akan memakan biaya sekitar 800 juta poundsterling (Rp15 triliun), sedangkan untuk pembangunan stadion baru diperkirakan sebesar 1,2 miliar poundsterling (Rp23 triliun).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)