Berapa Gaji Shin Tae-yong Melatih Timnas Indonesia?

Kamis, 08 Februari 2024 - 17:06 WIB
loading...
Berapa Gaji Shin Tae-yong Melatih Timnas Indonesia?
Mungkin masih ada segelintir orang yang penasaran tentang berapa gaji yang diterima Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia / Foto: PSSI
A A A
Mungkin masih ada segelintir orang yang penasaran tentang berapa gaji yang diterima Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia . Pada kesempatan ini, SINDOnews mencoba membahas perihal bayaran yang diterima pelatih asal Korea Selatan selama menangani Skuad Garuda sejak 2020 hingga saat ini.

Sejak memutuskan untuk melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong mendapatkan gaji beserta fasilitas yang luar biasa. Pelatih berusia 53 tahun itu diketahui menerima bayaran senilai Rp1,1 miliar.

Besaran gaji yang diterima Shin Tae-yong itu pernah dibeberkan mantan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa dengan nama Iwan Bule ini menyebut bahwa pihaknya harus menggelontarkan uang Rp2 miliar per-bulan.



Itu diketahui saat Iwan Bule menjadi bintang tamu di kanal YouTube milik Deddy Corbuzier (Close the Door). Iwan Bule membuka suara bahwa gaji sebesar Rp2 miliar yang diperoleh Shin Tae-yong tersebut di luar apartmen, di luar kendaraan, dan lain sebagainya.

Gaji tersebut juga sudah termasuk asisten pelatih Timnas Indonesia. Sementara Shin Tae-Yong sendiri menerima gaji sebesar Rp1,1 miliar.

Harga yang diberikan PSSI kepada Shin Tae-yong terbilang adil. Sebab, pelatih yang membawa banyak pemain naturalisasi itu berhasil mengerek popularitas sepak bola Indonesia, terutama Timnas Indonesia.



Ini berkaitan dengan posisi Timnas Indonesia di ranking dunia FIFA. Sebelum Shin Tae Yong menjalani debut bersama Timnas Indonesia senior melawan Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022, 3 Juni 2021, Indonesia masih berada di posisi 173 ranking FIFA.

Saat ini, Kamis (8/2/2024), Shin Tae-yong sudah berhasil mengangkat posisi Timnas Indonesia ke urutan 142 dunia (1072.66) ranking FIFA. Artinya, dia setidaknya berhasil memperbaiki posisi Skuad Garuda sebanyak 31 peringkat.

Berkat prestasi yang diukirnya itu PSSI akhirnya membarui kontrak Shin Tae-yong hingga Juni 2024 mendatang. Potensi dia untuk melatih Timnas Indonesia masih terbuka jika berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Jika skenario itu berhasil, Shin Tae-yong kemungkinan bakal melakukan negosiasi ulang terkait masa depannya bersama Timnas Indonesia. Bukan tak mungkin, dia bakal meminta gaji yang fantastis pada PSSI
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)