Kisah Mencekam Muhammad Ali dan George Foreman Dilarang Tinggalkan Zaire

Jum'at, 09 Februari 2024 - 12:21 WIB
loading...
Kisah Mencekam Muhammad Ali dan George Foreman Dilarang Tinggalkan Zaire
Kisah Mencekam Muhammad Ali dan George Foreman Dilarang Tinggalkan Zaire/The Sun
A A A
Kisah mencekam Muhammad Ali dan George Foreman dilarang tinggalkan Zaire setelah duel Rumble in the Jungle berlangsung. Kedua petinju legendaris itu dibayar dengan jumlah yang sangat besar untuk saat itu

Kutukan mata juling dalam dunia tinju kembali melanda, namun setidaknya Tyson Fury tidak dijadikan tahanan di Riyadh hingga pertarungannya yang dijadwalkan ulang dengan Aleksandr Usyk berlangsung pada 18 Mei mendatang. Tidak seperti George Foreman dan Muhammad Ali, yang hampir menjadi tahanan rumah ketika Rumble in the Jungle ditunda selama lima minggu pada 50 tahun yang lalu.



Tyson Fury mengalami cedera di bagian atas alis kanannya dalam sebuah kecelakaan dalam latih tanding minggu lalu, merupakan ketidaknyamanan yang tidak dapat dihindari oleh keduanya. Namun, hal tersebut tidak menyebabkan dampak yang aneh seperti yang terjadi ketika Foreman terluka saat berlatih di Zaire.

Foreman pada tanggal 17 September 1974 - delapan hari sebelum ia akan mempertahankan gelar juara dunia kelas beratnya melawan Ali - mendapat 11 jahitan pada matanya yang terluka akibat sikutan dari lawan latih tandingnya. Itu terjadi ketika saya berada di ketinggian 35.000 kaki di udara dalam perjalanan sejauh 4.000 mil menuju Kinshasa, meliput pertarungan yang menjadi pertarungan paling terkenal dalam sejarah.

''Saya terkesima ketika diberitahu saat tiba di kamp pelatihan Foreman dan Ali di N'Sele - 30 mil dari Kinshasa - bahwa pertarungan telah dibatalkan. Editor olahraga saya juga tidak terlalu senang ketika saya mengirimkan kabar tersebut melalui teleks.''

Namun, perjalanan tersebut bukanlah perjalanan yang sia-sia - keributan yang terjadi sebelum diumumkan bahwa pertarungan akan berlangsung lima minggu kemudian pada tanggal 30 Oktober, memberikan banyak bahan untuk ditulis. Presiden Mobutu, diktator pembunuh di Zaire membayar Foreman dan Ali masing-masing sebesar USD5 juta - jumlah yang sangat besar pada tahun 1970-an.

Ali tahu lebih baik daripada menggigit tangan yang memberinya makan dan dalam setiap wawancara dia penuh dengan pujian untuk Zaire dan menyatakan kebanggaannya sebagai orang Amerika berkulit hitam untuk kembali ke tanah kelahirannya. Tapi dia sangat membenci tempat itu dan dia sangat marah karena masa tinggalnya di Afrika diperpanjang beberapa minggu.

Dia bercerita kepada teman fotografernya, Howard Bingham, "Saya akan memberikan segalanya untuk berlatih di Amerika Serikat.
Di sana ada es krim, gadis-gadis cantik dan rok mini."

Ali, segera setelah ia mendengar apa yang terjadi pada George, dengan putus asa mencoba membujuk Promotor Don King untuk memindahkan pertarungan ke Amerika. Tanpa uang Mobutu, hal itu tidak akan berhasil. Ali, dengan frustrasi, kemudian mengajukan saran aneh bahwa pertarungan harus tetap berlangsung pada tanggal yang telah ditentukan dengan Foreman mengenakan pelindung kepala untuk melindungi lukanya - tidak mengherankan jika permintaan tersebut tidak digubris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)