Indra Sjafri Bicara Peluang Chow Yun Damanik Gabung Timnas Indonesia U-20

Sabtu, 10 Februari 2024 - 14:07 WIB
loading...
Indra Sjafri Bicara Peluang Chow Yun Damanik Gabung Timnas Indonesia U-20
ndra Sjafri Bicara Peluang Chow Yun Damanik Gabung Timnas Indonesia U-20
A A A
JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20, Indra Sjafri , bicara peluang untuk memanggil pemain keturunan, Chow Yun Damanik, ke dalam Skuad Garuda Nusantara. Indra Sjafri secara tersirat menyampaikan kalau peluang pemain berusia 16 tahun itu tipis karena tidak memiliki paspor Indonesia.

Timnas Indonesia U-20 telah menyelesaikan pemusatan latihan (TC) tahap kedua di Jakarta yang sudah berlangsung sejak akhir Desember 2023 lalu. Nantinya, TC Skuad Garuda Nusantara akan kembali dilanjutkan pada bulan Maret 2024. Dalam TC mendatang, Indra Sjafri nantinya akan memanggil beberapa pemain diaspora.



Tapi tampaknya Indra Sjafri masih belum ingin memanggil Chow Yun Damanik, pemain yang pernah diproyeksikan masuk Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Pemain Lausanne U-17 itu urung memperkuat Skuad Garuda Muda kendati sudah sempat menjalani persiapan bersama.

Chow Yun Damanik tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia U-17 karena terkendala masalah paspor. Sebab, ibunya sudah berpindah kewarganegaraan menjadi Swiss sebelum anaknya lahir. Sehingga dengan begitu, pemain berusia 16 tahun itu pun harus menjalani proses naturalisasi terlebih dahulu jika ingin memperkuat Skuad Garuda Nusantara.

Sedangkan Indra Sjafri hanya akan memanggil pemain diaspora yang sudah mengantongi paspor Indonesia untuk TC Maret. Dengan begitu, peluang Chow Yun Damanik pun bisa dibilang cukup tipis untuk merapat ke Timnas Indonesia U-20.

“Saya sudah sampaikan tadi yang saya panggil di bulan Maret hanya anak-anak yang berpaspor Indonesia yang bermain di luar negeri dan keturunan Indonesia,” kata Indra Sjafri kepada wartawan saat ditemui di Lapangan A, Jumat (9/2/2024).

“Mungkin bapak atau ibunya Indonesia, tapi sudah berpaspor Indonesia kami akan berikan kesempatan seluas-luasnya untuk mereka,” sambungnya.

Indra Sjafri tidak menutup kemungkinan akan melakukan naturalisasi untuk seorang pemain seperti Chow Yun Damanik. Namun hal itu akan dilakukan jika sang pemain tersebut benar-benar dirasa punya kualitas tinggi dan punya komitmen untuk membela Timnas Indonesia.

“Bagi yang berpaspor negara lain, tunggu. Kalaupun itu saya naturalisasi itu dia benar-benar istimewa dan keinginan sendiri,” papar Indra Sjafri.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-20 akan mengikuti agenda penting pada tahun ini. Skuad Garuda Nusantara akan tampil di Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, dan kemudian target utama adalah lolos ke Piala Dunia U-20 2025.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1195 seconds (0.1#10.140)