Penyebab Gairah Seks Wanita Menurun, Ini Tanda-tandanya

Minggu, 11 Februari 2024 - 00:23 WIB
loading...
Penyebab Gairah Seks Wanita Menurun, Ini Tanda-tandanya
Beberapa wanita merasa bahwa percikan gairah seks yang membara, kemudian memudar dalam suatu hubungan. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Jika Anda sudah menjalin hubungan cukup lama, Anda tentu tahu berapa lama masa bulan madu berlangsung, itu tidak terlalu lama!

Menariknya, beberapa wanita merasa bahwa percikan gairah seks yang membara memudar dalam suatu hubungan. Mengapa hal itu bisa terjadi?



Penting untuk memahami penyebab wanita kehilangan gairah seks . Dikutip Health Shots, pakar infertilitas dan ginekolog Dr Chetna Jain menjelaskan penyebab matinya gairah seks pada wanita.

Dorongan seksual wanita berubah selama bertahun-tahun. Ada tanda dan gejala libido rendah pada wanita dan ini paling umum, yang perlu Anda ketahui:
Kekeringan vagina
Merasa tidak nyaman dan nyeri saat berhubungan intim
Kesulitan mencapai orgasme
Tidak tertarik pada aktivitas seksual apa pun, termasuk masturbasi
Tidak terangsang, bahkan saat foreplay

Penyebab gairah seks wanita berkurang

Dorongan seksual didasarkan pada beberapa faktor, termasuk kesejahteraan fisik dan emosional. Berikut beberapa gejala paling umum dari rendahnya gairah seks pada wanita:

1. Masalah fisik

Pembedahan: Operasi tertentu yang berhubungan dengan payudara atau saluran genital dapat memengaruhi hasrat seksual Anda.

Kondisi jantung: Tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular dapat menyebabkan kurangnya hasrat seksual. Kondisi seperti itu mengganggu aliran darah ke area intim sehingga membuat sulit mendapatkan gairah dan mencapai orgasme. Ini juga menyebabkan kekeringan pada vagina.
Kadar gula darah tinggi: Diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf, sehingga memengaruhi hasrat seksual dan menyulitkan Anda mencapai orgasme.

Obat-obatan: Obat-obatan tertentu seperti antidepresan dan obat tiroid dapat menyebabkan rendahnya gairah seks pada wanita.

2. Perubahan hormonal

Menopause: Kondisi ini menyebabkan kadar estrogen menurun, sehingga wanita sering kehilangan minat untuk berhubungan seks. Penurunan kadar estrogen dapat membuat jaringan vagina kering dan hubungan seks menjadi tidak nyaman dan menyakitkan.

Kehamilan dan menyusui: Banyak perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan sehingga menyebabkan wanita sulit untuk aktif secara seksual. Meskipun beberapa wanita berhasil mengatasinya, beberapa wanita kehilangan minat pada seks. Jika ini memengaruhi hubungan Anda, sebaiknya temui dokter.

3. Alasan psikologis

Beberapa alasan psikologis dapat menyebabkan rendahnya libido pada wanita. Berikut beberapa penyebab umum libido rendah pada wanita:

4. Masalah hubungan



Masalah hubungan seringkali menjadi salah satu alasan terbesar yang menyebabkan kurangnya keintiman seksual. Jika hubungan Anda tidak berhasil, kurangnya hasrat seksual merupakan efek samping alami dari masalah ini. Faktor lain yang dapat menyebabkan kurangnya hasrat seksual pada wanita, antara lain:
Berada dalam perilaku kasar pasangan
Berada bersama pasangan yang tidak tersedia secara emosional
Pertengkaran sehari-hari dalam suatu hubungan
Kesenjangan komunikasi dalam suatu hubungan
Masalah kepercayaan dalam suatu hubungan
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)