Pengamat Asing Kirim Peringatan ke Timnas Indonesia: Vietnam Siap Balas Dendam

Senin, 12 Februari 2024 - 13:22 WIB
loading...
Pengamat Asing Kirim Peringatan ke Timnas Indonesia: Vietnam Siap Balas Dendam
Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari
A A A
JAKARTA - KOMENTATOR Vietnam, Quang Huy, mengakui keunggulan yang dimiliki Timnas Indonesia jelang bersua pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Namun begitu, dia masih yakin The Golden Star Warriors -julukan Timnas Vietnam- memberikan penampilan terbaiknya di laga tersebut.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia tergabung dalam Grup F bersama Irak, Filipina dan Vietnam di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Perjuangan pasukan Shin Tae-yong pun akan dimulai kembali dengan menghadapi Vietnam sebanyak dua kali dalam lanjutan Grup F atau matchday ketiga.

Di pertemuan pertama atau matchday ketiga Grup F, Skuad Garuda akan menjamu pasukan Philippe Troussier di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 21 Maret 2024. Kemudian giliran Timnas Indonesia yang bertandang ke markas Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, pada 26 Maret 2024.



Sebenarnya, Timnas Indonesia sendiri punya modal bagus jelang menjalani laga tersebut. Sebab, Skuad Garuda berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Di mana dalam laga fase grup, mereka berhasil menaklukan Vietnam dengan skor 1-0. Sementara The Golden Star Warriors sengsara karena harus tersingkir pada fase grup.

Menjelang pertemuan kembali di bulan Maret mendatang, Quang Huy mengakui bahwa Timnas Indonesia punya keunggulan dengan dihuni pemain naturalisasi yang top. Namun, hal itu tidak membuatnya hilang kepercayaan kepada Vietnam.

“Sebenarnya timnas Indonesia tidak terlalu buruk, hanya saja pemain naturalisasinya lebih banyak,” kata Quang Huy, dilansir dari The Thao247, Senin (12/2/2024).

“Tapi saya masih yakin timnas Vietnam bisa bermain bagus melawan Indonesia,” sambungnya.

Quang Hay juga mengingatkan kepada Philippe Troussier betapa pentingnya ajang tersebut. Sebab, para pecinta sepakbola Vietnam ingin melihat Vietnam melenggang mulus ke babak selanjutnya. Mengingat, mereka sudah menelan hasil minor di Piala Asia 2023.

“Menurut saya, tujuan terpenting tetaplah babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026,” ujarnya.

“Lolos dari babak kualifikasi ini akan memberi Anda tiket ke Piala Asia berikutnya dan juga menciptakan landasan dan kepercayaan. Kegagalan mencapai tujuan ini akan mengakibatkan banyak kerugian,” papar Quang Hay.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia tengah menghuni posisi buncit pada papan klasemen sementara Grup F dengan koleksi satu angka menyusul hasil kekalahan lawan Irak dan imbang kontra Filipina. Sementara Vietnam berada di posisi dua dengan koleksi tiga angka.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)