Mengenal Sepatu Mengemudi, Sudah Ada sejak 1963

Selasa, 13 Februari 2024 - 14:05 WIB
loading...
Mengenal Sepatu Mengemudi, Sudah Ada sejak 1963
Mengemudi dengan sandal atau telanjang kaki tidak melanggar hukum, namun tidak disarankan karena kaki berbahaya. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Sepatu mengemudi adalah sepatu yang dirancang untuk dipakai saat berkendara. Desainnya biasanya ringan dan memiliki bagian karet menonjol pada sol. Desain tersebut bertujuan memberikan cengkraman terbaik dan kenyamanan di segala kondisi.

Untuk urusan berkendara, keselamatan adalah hal utama. Oleh karena itu, alas kaki menjadi penting. Mengemudi dengan sandal atau telanjang kaki tidak melanggar hukum, namun tidak disarankan karena kaki berbahaya. Badan Standar Mengemudi Inggris melaporkan tidak memakai sepatu saat mengemudi mengurangi kemampuan untuk menggunakan rem dengan efisien.

Sepatu biasa bisa jadi tidak cocok dipakai untuk mengemudi lantaran berat atau desainnya kurang pas. Belum lagi jika sering dipakai di luar ruangan sehingga rentan sangat kotor selama beberapa hari. Memiliki sepatu mengemudi yang siap dipakai di mobil bisa menjadi solusi yang tepat.


Sepatu mengemudi pertama


Dilansir dari Slash Gear, Selasa (13/2/2024), sepatu mengemudi pertama kali dikembangkan oleh Gianni Mostile dari Italia dan dipatenkan pada tahun 1963. Sepatu-sepatu ini cocok untuk melindungi interior kendaraan, mengemudi dengan nyaman, dan menunjukkan status.

Perusahaan Italia Tod's memperkenalkan sepatu mobil Gommino ke pasar global. Tidak lagi menjadi barang mewah yang mahal dan kini tersedia dalam berbagai warna dan gaya untuk memungkinkan setiap pemakai mengekspresikan diri. Opsi paling populer dari Pilot's berkisar antara Slipstream Asphalts seharga USD99 hingga Atlas Tans seharga USD225. Pada Januari 2024, Icona dari Piloti diumumkan. Varian sepatu mobil baru ini membanggakan teknologi yang disebutnya Roll Control 2.0, menekankan tumit melengkung dan sol karet yang merupakan ciri khas sepatu tersebut.

Jelas, jangkauan dan variasi sepatu pemandu telah berkembang pesat sejak Mostile memperkenalkannya dan dirancang dengan fitur-fitur baru untuk meningkatkan fungsionalnya. Namun, apakah seseorang akan mendapatkan manfaat optimal dari fitur-fitur tersebut tergantung pada kebiasaan mengemudi.

Seorang pejalan kaki biasa mungkin akan merasa nyaman dengan sepatu olahraga favoritnya, sementara pelari yang berdedikasi mungkin lebih memilih alas kaki khusus. Tidak ada jawaban yang benar, preferensi pribadi dan kebutuhan individu kemungkinan besar akan menentukan pilihan yang tepat.



Seperti diungkapkan oleh Mariska van Sprundel dalam Running Smart: How Science Can Improve Your Endegiaurance and Performance. "Jika terbiasa dengan penyangga dan beralih ke sepatu minimalis tanpa melakukan penguatan betis dan tendon Achilles sebelum beralih, Anda memiliki risiko lebih tinggi mendapatkan cedera."

Begitu juga dengan sepatu mengemudi yang dirancang untuk menyoroti kinerja terutama selama perjalanan jarak jauh . Jika sering melakukan perjalanan seperti itu, sepatu mengemudi bisa menjadi pilihan. Jika tidak, mungkin tidak ada manfaat yang signifikan.

Pada saat yang sama, kenyamanan sangat penting dengan sepatu mengemudi dan sepatu ini tidak hanya untuk digunakan di dalam kendaraan. Sepatu mengemudi bisa juga dipakai di luar kendaraan untuk keperluan santai.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3213 seconds (0.1#10.140)