alexametrics

Jelang Grand Prix Jerman 2018

Alberto Puig Tawari Pedrosa Jadi Pembalap Penguji Honda

loading...
Alberto Puig Tawari Pedrosa Jadi Pembalap Penguji Honda
Alberto Puig sudah membicarakan perihal rencana tim Repsol Honda untuk memperkerjakan Pedrosa sebagai pembalap penguji di tahun depan / Istimewa
A+ A-
SACHSENRING - Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig, bersama Tetsuhiro Kuwata selaku Direktur Honda Racing Corporation (HRC) berada dalam ruangan konferensi pers untuk membicarakan mengenai kabar pensiun Dani Pedrosa pada tahun depan. Pernyataan resmi itu disampaikan di depan wartawan di Sachsenring, Jumat (13/7/2018).

Sebelum berbicara mengenai pensiun Pedrosa, Puig lebih dulu memberikan penjelasan tentang keputusan tim Honda merekrut Jorge Lorenzo pada tahun depan. Dalam kesempatan itu dia mengatakan, sebenarnya tim sudah menunggu selama 13 tahun untuk melihat kemungkinan perubahan pembalap.

Namun, kata Puig, pada tahun ini tim Honda berani mengambil keputusan. Dan, kursi Pedrosa di Pabrikan Jepang pun lenyap seiring kontrak yang diberikan kepada Lorenzo.

"Setelah 13 tahun di tim, kami ingin melihat kemungkinan lain. Lorenzo adalah seorang juara di MotoGP, dan itu adalah pilihan yang menarik. Kami ingin melihat motor kami dengan pengendara lain. Dani memiliki karier yang panjang di Honda, banyak peluang, dan kami memutuskan untuk mencoba pembalap lain," jelas Puig seperti dikutip dari laman resmi MotoGP.

Puig sendiri tidak bisa menutup mata tentang kontribusi yang diberikan Pedrosa. Menurutnya, dia merupakan salah satu pembalap yang meraih kemenangan terbanyak di tim Honda. Sebanyak 54 kemenangan sudah diraihnya dan dia pantas disejajarkan dengan Mick Doohan.

Hanya saja, hingga keputusan pensiun, Pedrosa belum kunjung memberikan gelar kepada tim Honda. "Dani memiliki karier yang sangat bagus. Dia meninggalkan paddock dengan banyak prestasi, lebih dari banyak pembalap lain. Dia salah satu pembalap dengan kemenangan terbanyak. Dan satu hal yang harus dipilih adalah dia benar-benar pria kecil dengan mesin besar, dan saya pikir itu sangat mengesankan. Ya, itu luar biasa," kenang Puig.

Pertanyaan pun muncul, apakah tim Honda kemungkinan bakal memberikan penawaran pembalap pengembang kepada Pedrosa tahun depan? Maklum, hingga saat ini joki asal Spanyol itu belum memutuskan apa yang akan diperbuat saat meninggalkan dunia balap.

Puig menuturkan sejauh ini sudah ada pembicaraan mengarah ke sana. Tapi belum ada keputusan yang dibuat Pedrosa. Kendati demikian, tambah Puig, pintu tim Honda selalu terbuka untuk pembalap berjuluk The Little Spaniard.

"Kami membicarakannya, itu selalu menarik. Dia tahu pendapat dari Honda jika dia ingin melanjutkan kariernya di dunia balap sebagai pembalap penguji, karena itu adalah hidupnya dan kami menghormati keputusannya. Itu akan menjadi keputusannya jika dia ingin tetap di Honda untuk menjadi pembalap tes atau tidak," tukas Puig.
(sha)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak