5 Makanan yang Ampuh Mengatasi Stres, Cocok Dinikmati usai Pemilu 2024

Kamis, 15 Februari 2024 - 09:35 WIB
loading...
5 Makanan yang Ampuh Mengatasi Stres, Cocok Dinikmati usai Pemilu 2024
Tidak sedikit orang yang stres akibat Pemilu 2024. Anda bisa mengatasinya dengan pola makan seimbang. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA – Tidak sedikit orang yang stres akibat Pemilu 2024. Anda bisa mengatasinya dengan menerapkan gaya hidup sehat, mencakup pola makan seimbang dapat berkontribusi signifikan dalam mengelola kecemasan.

Memasukkan makanan tertentu ke dalam rutinitas harian Anda dapat memberikan nutrisi dan senyawa penting yang meningkatkan relaksasi hingga mengurangi stres . Dikutip Health Shots berikut makanan super untuk mengurangi stres.



1. Pisang

Pisang adalah sumber magnesium yang baik. Studi pada 2004 yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa suplementasi magnesium dapat meningkatkan mood. Satu buah pisang berukuran besar mengandung 37 mg magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah.

2. Karbohidrat kompleks

Pakar nutrisi menjelaskan bahwa karbohidrat kompleks dari biji-bijian mencegah Anda merasa sedih dengan memberikan pelepasan energi secara perlahan ke dalam aliran darah. Karbohidrat di otak diketahui meningkatkan kadar serotonin, kadang-kadang disebut sebagai “hormon bahagia”. Untuk menjaga energi dan kebahagiaan Anda, pastikan setiap makanan diberi jarak tertentu dan mengandung oat, gandum utuh, quinoa, barley, atau biji-bijian utuh lainnya.

3. Blueberry

Blueberry tidak hanya lezat, tetapi juga mengandung antioksidan, terutama antosianin, yang terbukti memiliki efek mengurangi stres. Antioksidan ini membantu melawan stres oksidatif dan peradangan, yang keduanya berhubungan dengan gangguan kecemasan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Science menunjukkan bahwa suplementasi blueberry meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan pada orang dewasa muda. Menambahkan segenggam blueberry ke dalam makanan Anda setiap hari dapat memberikan peningkatan alami bagi kesehatan mental Anda.

4. Ikan salmon

Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak omega-3, terutama EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). Lemak omega-3 dikaitkan dengan peningkatan stres oksidatif dan pengendalian kecemasan dengan meningkatkan fungsi otak.

Mengonsumsi ikan salmon secara rutin dapat menyediakan sumber alami asam lemak omega-3 tersebut dan berkontribusi pada kondisi pikiran yang lebih tenang. Kenari dan biji rami juga merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 dan dapat ditambahkan ke dalam makanan untuk mengurangi kecemasan.


5. Jeruk

Konsentrasi vitamin C tertinggi dapat ditemukan pada buah jeruk, yang juga membantu dalam manajemen stres. Vitamin C telah terbukti mengurangi stres emosional dan fisik, kemungkinan besar dengan menurunkan kadar kortisol. Hormon kortisol, juga dikenal sebagai hormon 'Fight or Flight', dilepaskan ketika sedang stres dan dikaitkan dengan sejumlah gangguan medis.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)