Sachsenring Tetap Gelar MotoGP 2019

Selasa, 17 Juli 2018 - 16:11 WIB
Sachsenring Tetap Gelar MotoGP 2019
Sachsenring Tetap Gelar MotoGP 2019
A A A
SACHSENRING - Masa depan Sirkuit Sachsenring untuk menggelar MotoGP mulai mendapat titik terang. Jika sebelumnya dikabarkan sikuit yang ada di Jerman terancam mengakhiri gelaran sirkus MotoGP, kini harapan kembali terbuka.

Dikutip Motorsport, Selasa (17/7/2018), sebuah sumber mengatakan saat ini beberapa pihak yang terlibat tengah membicarakan masalah tersebut. Sebelumnya dikabarkan sirkuit sepanjang 3,7 km itu terancam menghilang dari kalender Grand Prix karena terbelit masalah finansial. Federasi otomotif Jerman, ADAC, bahkan membatalkan kesepakatan dengan Rennstrecken-Management (SRM) pada Mei lalu.

Mereka juga mengumumkan awal bulan ini akan mengadakan pembicaraan intensif untuk mencari alternatif pengganti Sachsenring, seperti Nurburgring dan Hockenheim.

ADAC memiliki kontrak dengan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP Jerman hingga 2021, tetapi Carmelo Ezpeleta menginginkan balapan tetap digelar di Sachsenring, yang merupakan tuan rumah sejak 1998.

Ezpeleta diyakini telah memberi tahu para pembalap dalam pertemuan Komisi Keselamatan perihal status Sachsenring. “Balapan akan berlangsung di sini pada 2019, 99%,” beber sebuah sumber kepada Motorsport.

Bicara pemasukan, sejauh ini Sachsenring tak bisa dikatakan merugi. Setidaknya Minggu (15/7/2018) lalu, GP Jerman menarik jumlah penonton sebanyak 193 ribu orang, termasuk 89 ribu saat hari balapan. Ini tergolong peningkatan signifikan dibandingkan 2017 yang merugi, meski masih jauh dari rekor.

Negosiasi antara ADAC dan SRM diharapkan segera berlanjut, serta diyakini sponsor baru siap mendukung event MotoGP Jerman mulai tahun depan dan seterusnya jika tetap di Sachsenring.

Trek juga mendapat dukungan dari pemerintah lokal, di mana Presiden Menteri wilayah Saxony, Michael Kretschmer hadir akhir pekan lalu untuk mengadakan pembicaraan dengan pihak-pihak terkait.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5069 seconds (0.1#10.140)