Mau Peluang Lolos SNBP 2024 Besar? Hindari 10 Jurusan Terketat di ITB Berikut Ini

Jum'at, 16 Februari 2024 - 07:22 WIB
loading...
Mau Peluang Lolos SNBP 2024 Besar? Hindari 10 Jurusan Terketat di ITB Berikut Ini
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika menjadi jurusan terketat di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang disarankan dihindari agar peluang lolos jalur SNBP 2024 lebih besar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 jurusan kuliah terketat ITB yang disarakan untuk dihindari agar peluang lolos SNBP besar. Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi PTN favorit yang memiliki banyak jurusan berkualitas khususnya di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Tak heran dengan kondisi seperti itu tingkat persaiangan di banyak jurusan ITB berlangsung ketat. Ketatnya persaingan inilah yang secara matematis bisa memperkecil peluang lolos. Mengutip akun Tiktok @bidikkampusofficial, artikel kali ini akan membahas daftar jurusan kuliah ITB dengan tingkat persaingan terketat, simak ya!

10 Jurusan Terketat ITB yang Disarkankan Dihindari Agar Peluang Lolos SNBP 2024 Lebih Besar


1. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika


Jurusan ini menduduki peringkat pertama sebagai prodi dengan keketatan tinggi di ITB. Resmi didirikan tanggal 1 Januari 2006, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI-ITB) merupakan hasil penggabungan dua departemen di ITB. Dua departemen tersebut adalah Departemen Teknik Elektro dan Departemen Teknik Informatika.

2. Sekolah Farmasi


Di posisi kedua ada jurusan Sekolah Farmasi yang juga masuk sebagai prodi terketat di ITB. Sekolah Farmasi di ITB ini sudah berdiri sejak 29 Agustus 2005 dan menjadi salah satu pendidikan farmasi terbaik di Indonesia.

3. Ilmu dan Teknologi Kebumian


Di urutan ketiga, daftar jurusan kuliah terketat yang ada di ITB yaitu Ilmu dan Teknologi Kebumian. Melalui jurusan ini mahasiswa akan belajar soal ilmu geosains dan geoengineering.

4. Teknik Pertambangan dan Perminyakan


Berikutnya ada jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan yang menempati posisi ke-4 terketat di ITB. Jurusan ini banyak diburu lantaran prospek karir setelah lulus yang menjanjikan salah satunya bisa kerja dipertambangan.


5. Seni Rupa dan Desain


Kemudian ada jurusan seni rupa dan desain yang menduduki peringkat ke-6 terketat di ITB. Lulusan dari jurusan ini bisa berkarir di berbagai bidang seperti curator, illustrator, desain interior, pelukis, dan lainnya.

6. Sekolah Arsitektur dan Perencanaan


Masuk di peringkat keenam ada jurusan sekolah arsitektur dan perencanaan yang memiliki keketatan tinggi di ITB. Jurusan yang satu ini diketahui sudah ada sejak tanggal 29 Agustus 2005 dan banyak diminati para calon mahasiswa.

7. Teknik Sipil dan Lingkungan


Jurusan teknik sipil dan lingkungan juga masuk sebagai program studi terketat di Institut Teknologi Bandung (ITB). Seperti yang diketahui, lulusan sarjana dari jurusan teknik sipil selalu memiliki peluang kerja yang sangat luas.

8. FMIPA


Kemudian ada jurusan di bidang ipa yang menduduki posisi kedelapan sebagai yang terketat di ITB. Melalui jurusan ini mahasiswa akan belajar berbagai bidang keilmuan dan keahlian di bidang ilmu pengetahuan alam.

9. Teknologi Industri


Menempati posisi kesembilan, jurusan kuliah terketat yang ada di ITB ditempati oleh jurusan teknologi industri. Mahasiswa akan mempelajari banyak bidang di jurusan ini seperti matematika, fisika, kimia, kalkulus, dan sejenisnya.

10. Ilmu dan Teknologi Hayati


Terakhir jurusan kuliah dengan keketatan tinggi di ITB adalah ilmu dan teknologi hayati yang menempati posisi kesepuluh. Jurusan ini mempelajari tentang sistem produksi organ dengan agen hayati berupa tumbuhan juga bagaimana efisiensi sistem produksi tersebut.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)