Liga Basket Pelajar Dimulai, Juara Provinsi Dapat Piagam Presiden Jokowi

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:27 WIB
Liga Basket Pelajar Dimulai, Juara Provinsi Dapat Piagam Presiden Jokowi
Liga Basket Pelajar Dimulai, Juara Provinsi Dapat Piagam Presiden Jokowi
A A A
SURABAYA - Surabaya terpilih sebagai kota pertama penyelenggaraan Liga basket pelajar musim 2018. Kompetisi yang merupakan rangkaian Honda DBL (Developmental Basketball League) East Java Series-North Region bakal berlangsung, Jumat (20/7/2018).

Tahun ini, liga akan diselenggarakan di 30 kota di 22 provinsi. Berkembang dari 25 kota di 22 provinsi tahun lalu. Penyelenggaraan Honda DBL akan lebih istimewa dari musim sebelumnya. Ini berkaitan dengan piagam penghargaan yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk masing-masing juara provinsi.

Presiden Jokowi sendiri sudah lama memberi perhatian pada Honda DBL. Pada 2010, sewaktu Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo, dia sudah membuka gelaran Honda DBL Central Java Series 2010.

Ini sebagai bentuk apresiasi Jokowi terhadap kompetisi yang sudah berlangsung selama 2014 lalu. Dari Liga basket pelajar ini diharapkan dapat menelurkan atlet berbakat yang tergabung di Timnas basket Indonesia.

"Honda DBL ini sudah berlangsung sangat lama. Dari kota ke kota dan dari provinsi ke provinsi. Kita lihat sangat bagus. Dari sana, kita bisa pilih untuk Timnas satu persatu," kata Presiden Jokowi.

Sumbangsih Honda DBL untuk Timnas terbilang besar. Pada Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan mulai 18 Agustus mendatang, banyak jebolan Honda DBL yang membela Timnas Indonesia. Dari daftar pemain yang dirilis Timnas basket putri Indonesia, sebanyak 60% pemain adalah alumni Honda DBL. Sedangkan pada sektor putra mencapai 40%.

Basket menjadi salah satu cabang olahraga andalan Indonesia di ajang olahraga paling akbar di Asia tersebut. Selain cabang olahraga basket, juga dilombakan 3X3. Indonesia akan menurunkan tim putra maupun putri.

Keberhasilan Honda DBL menelurkan begitu banyak pemain untuk Timnas tidak lepas dari tingginya partisipasi student athlete setiap tahunnya. Lebih dari 40 ribu peserta tiap tahun yang terlibat.

Tahun ini, Honda DBL akan mengusung Full Time Student, Full Spirit Athlete. DBL tetap fokus pada komitmen supaya atlet tak hanya berprestasi di bidang basket. Mereka juga wajib untuk berprestasi di bidang akademis agar seimbang.

"Sejak awal pendaftaran kami menekankan dengan penyaringan nilai rapor Peserta yang tidak naik kelas tidak boleh ikut liga," tutur Donny Rahardian, Wakil Direktur DBL Indonesia dalam rilis yang diterima SINDOnews, Kamis (19/7/2018).

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Surabaya menjadi kota pertama yang bakal menggelar Honda DBL East Java Series–North Region. Empat kota lain bakal menyusul di bulan yang sama.

Diantaranya adalah Honda DBL West Sumatra Series 2018 di kota Padang (27 Juli), Honda DBL South Kalimantan Series di kota Banjarmasin (27 Juli), lalu Honda DBL Aceh Series (30 Juli), serta Honda DBL East Java Series 2018 –South Region (31 Juli).
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4871 seconds (0.1#10.140)