Pembangkangan Panembahan Senopati Simbol Perlawanan kepada Kerajaan Pajang

Minggu, 18 Februari 2024 - 07:42 WIB
loading...
Pembangkangan Panembahan Senopati Simbol Perlawanan kepada Kerajaan Pajang
Panembahan Senopati menjadi raja pertama di Kesultanan Mataram Islam. Ia mewarisi ayahnya Ki Pamanahan, mengenai Alas Mentaok pemberian dari Sultan Hadiwijaya penguasa Pajang. Foto/Ist
A A A
Panembahan Senopati menjadi raja pertama di Kesultanan Mataram Islam. Ia mewarisi ayahnya Ki Pamanahan, mengenai Alas Mentaok pemberian dari Sultan Hadiwijaya penguasa Pajang. Menariknya lambat laun perkembangan Mataram yang pesat membuat akhirnya Panembahan Senopati tak lagi mau menghormati Pajang.

Perintah untuk menghadap ke Sultan Hadiwijaya usai satu tahun memimpin Mataram ditunjuk oleh penguasa Pajang, tidak ia hiraukan. Padahal secara wilayah Mataram merupakan daerah kekuasaan Kerajaan Pajang. Bahkan Panembahan Senopati membangun kekuatan militer di Mataram guna mengantisipasi serangan sewaktu-waktu dari Kerajaan Pajang.

Sang penguasa Pajang pun terpaksa mengirimkan utusan untuk menanyakan ke Senopati. Dua utusan itu yakni Ngabehi Wila Marta dan Ki Wuragil, yang datang ke wilayah Mataram untuk memenuhi permintaan Sultan Hadiwijaya.

Setibanya di Mataram, Senopati justru tak ada. Ia memang tengah berkunjung ke Lipura. Alhasil kedua utusan Pajang itu pun menyusul Panembahan Senopati ke Lipura. Dikutip dari "Tuah Bumi Mataram : Dari Panembahan Senopati hingga Amangkurat II", mereka segera menyusul Senopati yang sedang berada di atas kudanya.



Ia tampak acuh ketika melihat kedatangan dua utusan dari Pajang itu. Sempat terjadi perdebatan antara ketiganya, bahkan Wuragil yang sempat mengajak Wila Marta turun dari kuda dilarangnya. Menurut Wila Marta, mereka jangan sampai turun dari kuda sebelum Senopati turun dari kudanya terlebih dahulu.

Setelah sempat terjadi perdebatan antara ketiganya. Akhirnya sang utusan itu menyampaikan pesan ke Senopati dari Sultan Hadiwijaya penguasa Pajang. Dimana sang Penguasa Pajang itu meminta Senopati untuk berhenti foya-foya, berhenti mengumbar hawa nafsu, makan-minum, mabuk-mabukan, dan bercukur rambut lalu sowan ke Pajang.

Mendengar pernyataan Wuragil itu, Senopati menimpalinya dengan angkuh, "Engkau lapor saja kepada Kang Sultan, saya diperintah berhenti makan-minum? Saya masih doyan. Saya disuruh potong rambut? Biarkan saja, rambut kan tumbuh sendiri, bagaimana harus membersihkan? Saya diperintah untuk sowan? Ya mau saja jika Sultan sudah sembuh dari kesukaannya mengganggu istri orang lain, sembuh dari kesukaan mengambil perawan dari abdinya. Begitu saja jawaban saya."

Hal itu menunjukkan bahwa Senopati benar- benar melakukan pembangkangan terhadap Pajang. Ia mulai berani melawan Sultan Pajang yang mana selain rajanya, juga merupakan ayah angkatnya sendiri. Namun kekurangajarannya Senopati itu tidak dilaporkan pada Sultan Hadiwijaya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2863 seconds (0.1#10.140)