5 Jurusan Kuliah Populer di ITS yang Lulusannya Banyak Diincar Perusahaan

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:17 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Populer di ITS yang Lulusannya Banyak Diincar Perusahaan
Ini lima jurusan kuliah populer di ITS yang lulusannya banyak diincar perusahaan. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Ini lima jurusan kuliah populer di ITS yang lulusannya banyak diincar perusahaan. Tidak salah memang memilih jurusan populer ini karena memungkinkan lulusannya mudah mencari kerja di perusahaan bergengsi.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi salah satu perguruan tinggi kenamaan di Tanah Air. Menawarkan banyak jurusan kuliah berbeda, terdapat di antaranya yang menjadi favorit dan memiliki banyak pendaftar setiap tahunnya.

Baca juga: Simak Perbandingan Jurusan Kuliah Teknik Informatika ITS dan ITB

Bukan tanpa alasan, ada beberapa faktor yang menjadikan jurusan-jurusan tersebut diminati banyak orang. Salah satunya tentu berkaitan dengan prospek kerjanya yang bagus dan sering dilirik perusahaan. Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (20/2/2024), berikut ini lima jurusan kuliah populer di ITS yang lulusannya banyak dicari perusahaan.

Jurusan Kuliah ITS yang Lulusannya Banyak Diincar Perusahaan

1. Teknik Informatika


Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan kuliah favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Program Sarjana (S1) Teknik Informatika ITS bahkan sudah memiliki akreditasi ‘A’ dari BAN-PT.

Terlepas dari popularitasnya di ITS, Teknik informatika memang menjadi salah satu jurusan kuliah yang lulusannya banyak dicari perusahaan. Seiring waktu, peluang kerjanya cukup berlimpah, tak hanya di perusahaan swasta, namun juga di instansi pemerintah hingga BUMN.

2. Teknik Industri


Teknik Industri juga memiliki peminat yang besar di ITS. Sebagai contoh, pada SNBT 2023 lalu peminatnya bahkan mencapai ratusan pendaftar.

Tak hanya bekerja di sektor industri, lulusan Teknik Industri juga dapat menekuni profesi di sektor lain. Misal seperti logistik, manufaktur, teknologi informasi, keuangan, pelayanan masyarakat, dan lainnya.

Baca juga: ITS Buka Seleksi Mandiri Berbeasiswa 2024, Jika Lolos Camaba Bebas Uang Pangkal

Seiring perkembangan zaman, jurusan seperti Teknik Industri ini sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Terlebih, banyak dari mereka yang juga bersedia memberikan nominal gaji menggiurkan kepada lulusan jurusan ini.

3. Sistem Informasi


Berikutnya ada Sistem Informasi. Jurusan ini tak hanya mempelajari aspek teknis seputar teknologi informasi, tetapi juga pengetahuan lain yang masih relevan.

Sebagaimana jurusan seperti Teknik Informatika, lulusan Sistem Informasi juga sangat dibutuhkan di era perkembangan teknologi yang semakin tak terkendali. Nantinya, mereka bisa bekerja sebagai Konsultan IT, Data Scientist, Digital Marketing, dan lainnya.

4. Teknik Sipil


Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan kuliah yang punya prospek karier luas serta potensi gaji tinggi. Sejalan dengan hal tersebut, tak heran apabila peminatnya juga banyak, termasuk di ITS.

Tak hanya perusahaan swasta, seringkali sejumlah BUMN juga aktif merekrut lulusan Teknik Sipil. Beberapa profesi yang bisa diambil seperti konsultan properti, system analyst, geotechnical engineer, perencana real estate, structural engineer, dan lainnya.

5. Manajemen Bisnis


Kemudian ada Manajemen Bisnis. Pada SNBT 2023, jurusan kuliah ini juga memiliki banyak pendaftar di ITS.

Pada pembelajarannya, jurusan Manajemen Bisnis biasanya mempelajari berbagai perencanaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Para mahasiswanya akan banyak belajar tentang analisa data hingga evaluasi pekerjaan.

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan ahli Manajemen Bisnis juga bertambah. Beberapa profesi yang bisa diambil para lulusan jurusan ini di antaranya seperti Marketing Executive, Business Development, manajer bisnis, dan lainnya.

Itulah sejumlah jurusan kuliah populer di ITS yang lulusannya banyak diincar perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)