Perbasi Cari Pemain Muda untuk Dikirim ke Lithuania, Ini Kriterianya

Rabu, 21 Februari 2024 - 03:00 WIB
loading...
Perbasi Cari Pemain Muda untuk Dikirim ke Lithuania, Ini Kriterianya
Perbasi Cari Pemain Muda untuk Dikirim ke Lithuania, Ini Kriterianya
A A A
JAKARTA - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia ( PP Perbasi ) tengah fokus mencari pemain muda potensial yang miliki tinggi badan minimal 180 cm. Nantinya, para pemain yang terpilih akan dibawa ke Lithuania untuk menjalani pelatihan selama kurang lebih enam bulan.

Untuk diketahui, PP Perbasi tengah melaksanakan pencarian talenta Indonesia Patriots yang telah berlangsung sejak 15 Februari 2024. Animo masyarakat pun sangat responsif. Pemain bertinggi minimal 180 cm berlomba-lomba ikut scouting dan menarik perhatian pelatih.



Saat pelaksanaan di DKI Jakarta, sebanyak 60 peserta ambil bagian. Peserta didominasi bertinggi badan 180 cm hingga 190 cm. Sebanyak 6 peserta bertinggi antara 190 cm hingga 195 cm. Kemudian 2 pemain bertinggi di atas 195 cm.

Pelaksanaan scouting bergeser ke Makassar yang dilaksanakan pada 17 Februari 2024. Sehari kemudian berlanjut ke Tangerang dengan The Hawks Basketball Kabupaten Tangerang, sebagai venue scouting.

Ketum PP Perbasi, Danny Kosasih menyampaikan bahwa scouting ini dilakukan bukan untuk membentuk Tim Nasional. Melainkan hal ini dilakukan sengaja untuk mencari pemain muda potensial yang memenuhi kriteria untuk nantinya dibina lebih lanjut di Lithuania.

“Yang perlu diperhatikan adalah, scouting ini bukan untuk membentuk Tim Nasional. Scouting ini untuk mencari pemain potensial bertinggi minimal 180 cm yang kemudian dikirim untuk berlatih ke Lithuania,” ungkap Danny dalam keterangannya, dikutip Selasa (20/2/2024).

Nantinya, dari scouting keliling ke-11 daerah diharapkan mendapatkan pemain dengan tinggi minimal 180 cm sebanyak 100 pemain. Mereka kemudian akan dikumpulkan di Surabaya untuk diseleksi langsung oleh pelatih asal Lithuania pada 4 hingga 6 Maret 2024.

Dari seleksi langsung oleh pelatih asal Lithuania ini, diharapkan mendapatkan 15 pemain potensial. Mereka kemudian ke Lithuania untuk berlatih kurang lebih 6 bulan di Lithuania. Danny menjelaskan bahwa nantinya semua biaya tersebut akan ditanggung oleh PP Perbasi.

“Semua biaya selama di Lithuania menjadi tanggungan PP PERBASI. Bahkan selama seleksi di Surabaya, bagi 100 peserta yang seleksi mendapatkan fasilitas akomodasi gratis,” ujar Danny.

Danny menjelaskan, dari scouting di setiap daerah para pemain yang lolos mendapatkan tiket seleksi di Surabaya tidak langsung diumumkan. Nama-nama yang sudah dikantongi akan diumumkan awal Maret jelang seleksi 100 pemain dengan tinggi minimal 180 cm di Surabaya.

“Bagi pemain yang memiliki tinggi di bawah 180 cm bukan tertutup peluangnya menjadi pemain basket. Mereka bisa mencoba peruntungan saat PP PERBASI menggelar seleksi pembentukan Tim Nasional. Terdekat kami akan siapkan timnas untuk hadapi SEABA dan Piala Asia U-18,” pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)