Ngeri! BRIN Sebut Angin Puting Beliung Rancaekek Badai Tornado Pertama di Indonesia

Kamis, 22 Februari 2024 - 08:35 WIB
loading...
Ngeri! BRIN Sebut Angin Puting Beliung Rancaekek Badai Tornado Pertama di Indonesia
Penampakan angin puting beliung yang menyapu wilayah Jatinangor, Kabupaten Sumenang dan Rancaekek, Kabupaten Bandung, begitu dahsyat. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Bencana puting beliung yang menhantam Rancaekek, Kabupaten Bandung, Rabu (21/2/2024) merupakan badai tornado pertama di Indonesia. Hal tersebut disebutkan peniliti BRIN Erma Yulihastin di akun X miliknya.

Erma mengatakan, peristiwa yang terjadi merupakan badai tornado. Menurutnya, angin lebih kencang dan efek kekuatan berbeda dengan puting beliung.

“Tornado punya skala kekuatan angin lebih tinggi dan radius lebih luas,” tulisnya di akun X.



BRIN segera merekonstruksi dan investigasi tornado Rancaekek yang tercatat sebagai kejadian pertama di Indonesia.

“Kronologi foto-foto dan video dari masyarakat dan media sangat membantu periset dalam mendokumentasikan extreme event yg tercatat sebagai tornado pertama ini,” tandasnya.



Berdasarkan detik-detik terbentuknya pusaran angin yang terekam kamera netizen.

Awalnya, angin membentuk putaran awan berukuran kecil. Dengan cepat, angin membentuk pusaran besar hingga mendarat dan menghantam permukiman di Rancaekek.

Akibatnya, sejumlah bangunan rusak, pohon tumbang, truk terguling dan sepeda motor terjatuh. Kejadian itu juga menyebabkan 29 orang mengalami luka-luka akibat terjangan angin puting beliung tersebut.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3769 seconds (0.1#10.140)