Klaim Media Vietnam: Timnas Indonesia Takut Lawan Vietnam karena Hal Ini

Kamis, 22 Februari 2024 - 16:02 WIB
loading...
Klaim Media Vietnam: Timnas Indonesia Takut Lawan Vietnam karena Hal Ini
Pemain Timnas Vietnam di Piala Asia 2023. Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani
A A A
Media Vietnam, The Thao 247, mengklaim Timnas Indonesia khawatir kalah dari Vietnam pada leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pasalnya, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- tak pernah menang setiap kali menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah mengumumkan waktu dan venue untuk laga Timnas Indonesia vs Vietnam dalam dua laga lanjutan babak kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Untuk leg pertama, Timnas Indonesia jadi tuan rumah yang akan digelar di SUGBK pada 21 Maret pukul 20.30 WIB.

Lima hari kemudian, giliran Timnas Vietnam yang akan menyambut tim asuhan Shin Tae-yong itu di kandang mereka yakni Stadion My Dinh, Hanoi, pada 26 Maret 2024 pukul 19.00 WIB. Menariknya, The Thao 247 justru menduga bahwa Timnas Indonesia was-was kalah dari Vietnam pada leg pertama nanti di SUGBK.

"Indonesia khawatir akan kalah dari Vietnam karena hal yang tidak diharapkan oleh siapa pun," bunyi judul artikel yang dibuat The Thao 247, dikutip Kamis (22/2/2024).



"Pers Indonesia menyebut mereka kurang beruntung saat menjamu Timnas Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno," tambah pernyataan media Vietnam tersebut.

Rupanya, pernyataan The Thao 247 di atas merujuk pada statistik Timnas Indonesia belum pernah menang melawan Vietnam ketika bermain di SUGBK. Tercatat, dalam tiga laga terakhir antara Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK, semuanya harus berakhir imbang.

Pertemuan pertama terjadi pada 1997, Vietnam menahan Indonesia di SUGBK dengan skor 2-2 pada babak penyisihan grup SEA Games edisi 19. Kemudian pada Piala Harimau 2002, Indonesia kembali bermain imbang dengan Vietnam dengan skor 2-2.

Teranyar, Indonesia dan Vietnam kembali bertemu di SUGBK pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 dan berakhir imbang 0-0. Tiga laga di SUGBK tersebut membuat The Thao 247 meragukan Timnas Indonesia bisa menang atas Vietnam pada laga nanti.

Terlepas dari hal itu, Indonesia baru saja mendapat kabar gembira menjelang dua laga melawan Timnas Vietnam. Sebab, asisten Nova Arianto akan kembali ke Timnas Indonesia untuk membantu pelatih Shin Tae-yong. Sebelumnya, Nova harus memimpin seleksi Timnas Indonesia U-16.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0642 seconds (0.1#10.140)