4 Kandidat Pelatih Timnas Korea Selatan Versi Media Asing, Ada Nama Shin Tae-yong

Kamis, 22 Februari 2024 - 20:01 WIB
loading...
4 Kandidat Pelatih Timnas Korea Selatan Versi Media Asing, Ada Nama Shin Tae-yong
4 Kandidat Pelatih Timnas Korea Selatan Versi Media Asing, Ada Nama Shin Tae-yong. Foto: REUTERS
A A A
SEOUL - Media Korea Selatan, News1 KR merilis daftar empat kandidat pelatih anyar Taegeuk Warriors -julukan Timnas Korea Selatan. Nama pelatih Timnas Indonesia , Shin Tae-yong masuk dalam daftar kandidat tersebut.

Seperti diketahui, Timnas Korea Selatan saat ini sedang membutuhkan pelatih baru setelah memecat Jurgen Klinsmann. Pemecatan itu disinyalir karena Klinsmann gagal mengantar Taegeuk Warriors juara Piala Asia 2023 .

Ketua Komite Penguatan Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA), Jeong Hae-seong baru-baru ini menyatakan pihaknya sudah mempertimbangkan kriteria untuk pelatih baru Timnas Korea Selatan. Salah satu syaratnya adalah pelatih yang ditunjuk nantinya merupakan orang asli Korea Selatan.

“Kami akan membuka kemungkinan kepada seluruh pemimpin dalam dan luar negeri untuk menunjuk pelatih tim nasional baru,” kata Jeong dikutip News1 KR, Kamis (22/2/2024).



“Namun, sebagai hasil dari pertemuan hari ini, dengan mempertimbangkan identifikasi cepat pemain, Kami akan memilih pelatih domestik. Pendapat dikumpulkan untuk lebih menekankan,” tambahnya.

Berdasarkan pernyataan itu, News1 KR merangkum empat kandidat kuat yang bisa menjadi pelatih anyar Korea Selatan. Empat nama itu adalah Hong Myun-bo (pelatih Ulsan HD), Hwan Seong-hong (pelatih Timnas Korsel U-23), Choi Yong-so (pelatih Gangwon FC), dan Shin Tae-yong.

Laporan News1 KR menyebut keempat kandidat pelatih itu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Media Korea Selatan itu berpendapat Shin Tae-yong memiliki kelebihan karena mempunyai pengalaman melatih Taegeuk Warriors (2017-2018).

“Pelatih Shin Tae-yong yang memimpin Timnas Indonesia sejak 2020 juga memenuhi syarat. Pelatih Shin, dijuluki 'Fox', memiliki taktik yang fleksibel dan keterampilan manajemen tim, dan menerima nilai tinggi dalam kompetensi taktis dan kepemimpinan,” tulis News1 KR.

“Dia berpengalaman memimpin timnas senior ke Piala Dunia Rusia 2018, dan juga memiliki kemampuan yang baik dalam mengenali potensi pemain muda dengan memimpin timnas U-20 Korea dan timnas U-17/20 Indonesia,” sambung artikel tersebut.

Namun, News1 KR menyoroti adanya kontrak yang masih mengikat Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Diketahui, pelatih berusia 53 tahun itu masih memiliki kontrak bersama Skuad Garuda hingga Juni 2024.

Shin dipercaya memimpin Timnas Indonesia senior dan U-23 dalam beberapa agenda penting. Diantaranya adalah Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia (Maret & Juni), dan Piala Asia U-23 2024 (15 April – 3 Mei).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)