6 Prediksi Perang Ukraina dan Rusia pada Tahun Ketiga

Sabtu, 24 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
6 Prediksi Perang Ukraina dan Rusia pada Tahun Ketiga
Ukraina diprediksi akan mengalami banyak kemunduran dibandingkan Rusia pada perang tahun ketiga. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Ketika tank dan infanteri Rusia melintasi perbatasan sebelum fajar pada 24 Februari 2022, 40 juta penduduk Ukraina menentang ekspektasi – dan rencana terbaik Kremlin – dengan menahan mereka dan mencegah kekalahan yang diperkirakan secara luas.

Namun ketika perang memasuki tahun ketiga, kemunduran di front timur membuat tentara Ukraina tampak rentan.

Presiden Ukraina Vladimir Zelenskiy berusaha mempertahankan fokus Barat terhadap Ukraina, bahkan ketika perang antara Israel dan Hamas mendominasi berita utama. Zelenskiy telah memperingatkan bahwa Rusia, yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin, mungkin tidak akan berhenti di perbatasan Ukraina jika negara tersebut menang.

6Prediksi Perang Ukraina dan Rusia pada Tahun Ketiga

1. Penegasan Perang Rusia Vs AS

6 Prediksi Perang Ukraina dan Rusia pada Tahun Ketiga

Foto/Reuters

Presiden Rusia Vladimir Putin menolak klaim tersebut sebagai omong kosong. Ia menggambarkan perang tersebut sebagai perjuangan yang lebih luas melawan Amerika Serikat, yang menurut para elit Kremlin bertujuan untuk memecah belah Rusia. Barat memandang invasi tersebut sebagai tindakan agresi yang tidak dapat dibenarkan dan harus dihalau.

Ada acara di seluruh Ukraina pada hari Sabtu untuk memperingati ulang tahun tersebut, termasuk upacara peringatan bagi mereka yang tewas di Bucha, sebelah utara Kyiv – tempat terjadinya beberapa dugaan kejahatan perang terburuk dalam konflik tersebut.

Jaksa Agung Ukraina mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya telah meluncurkan penyelidikan terhadap lebih dari 122.000 kasus dugaan kejahatan perang dalam dua tahun terakhir. Rusia membantah melakukan hal tersebut.


2. Rusia Akan Mendapatkan Banyak Kemenangan

6 Prediksi Perang Ukraina dan Rusia pada Tahun Ketiga

Foto/Reuters

Guncangan awal akibat invasi tersebut berangsur-angsur berubah menjadi keakraban dan kemudian kelelahan, ketika dunia menyaksikan kemajuan awal Rusia dan serangan balik Ukraina yang menakjubkan pada akhir tahun 2022 yang perlahan berubah menjadi peperangan parit yang melelahkan dan menguras tenaga.

Dalam pemandangan yang mengingatkan kita pada medan perang pada Perang Dunia Pertama, ribuan tentara yang terkena tembakan artileri berat tewas dalam jumlah ribuan, terkadang di wilayah beberapa kilometer.

3. Perang Drone Lebih Intensif

6 Prediksi Perang Ukraina dan Rusia pada Tahun Ketiga

Foto/Reuters

Kedua belah pihak telah mengembangkan armada drone udara, laut dan darat yang besar dan semakin canggih untuk pengawasan dan penyerangan, sebuah penggunaan kendaraan tak berawak yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dapat menunjukkan jalan bagi konflik di masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)