Biodata Jerwin Ancajas: Petinju Jalanan yang Terinspirasi Manny Pacquiao

Senin, 26 Februari 2024 - 15:05 WIB
loading...
Biodata Jerwin Ancajas: Petinju Jalanan yang Terinspirasi Manny Pacquiao
Jerwin Ancajas menelan kekalahan saat menghadapi Takuma Inoue di Kokugikan, Tokyo, Jepang, Minggu (25/2/2024) kemarin / Foto: Rappler
A A A
Jerwin Ancajas menelan kekalahan saat menghadapi Takuma Inoue di Kokugikan, Tokyo, Jepang, Minggu (25/2/2024) kemarin. Pada pertarungan perebutan sabuk juara WBA Kelas Bantam tersebut, petinju Filipina yang terinspirasi Manny Pacquiao itu terpaksa mencium kanvas di ronde sembilan setelah dipukul KO lawannya.

Ini merupakan kekalahan KO pertama yang dialami Ancajas. Secara keseluruhan, petinju yang dikenal dengan julukan Pretty Boy itu sudah menelan empat kekalahan (1 KO, dan tiga kalah angka).

Meskipun usianya sudah tak muda lagi, namun Ancajas masih berambisi untuk mengikuti jejak Pacquiao sebagai petinju terkenal di Filipina dan dunia. Lantas, seperti apa profil petinju berusia 32 tahun itu?



Awal Mula Mengenal Tinju

Lahir dalam kemiskinan di Kota Panabo,Filipina, Ancajas adalah anak bungsu dari tiga bersaudara yang lahir dari ibu rumah tangga dan ayah yang bekerja di perkebunan pisang. Awal mula Ancajas mengenal tinju mirip dengan Pacquiao.

Ancajas sempat bertahan hidup di jalanan sebelum akhirnya memutuskan untuk menekuni olahraga tinju. "Saya suka tinju. Saya berumur sembilan tahun di rumah, dan melihat Manny Pacquiao bertarung di TV. Sejak saat itu, yang ingin saya lakukan hanyalah bertarung. Saya telah pergi ke gym sejak itu," kenangnya.

Ancajas akhirnya diperkenalkan pada tinju oleh saudaranya, Jesar. Saat itu, Ancajas mencatatkan rekor 90-5 sebagai amatir.

Biodata Jerwin Ancajas: Petinju Jalanan yang Terinspirasi Manny Pacquiao




Ada banyak kejuaraan nasional yang diikutinya hingga Ancajas mengukir prestasi dengan menggondol tiga medali emas di Pesta Olahraga Nasional termasuk di Palarong Pambansa (Pertandingan Nasional Filipina) 2008. Saat masih berusia 15 tahun, Pacquiao mulai memperhatikannya, membimbingnya, dan memberi nasihat.

Petinju kidal itu akhirnya memulai debutnya sebagai petinju profesional. Menariknya, pada pertarungan itu Ancajas hanya membutuhkan waktu 48 detik untuk menghentikan Reynaldo Buluan.

Biodata Jerwin Ancajas


Nama: Jerwin Ancajas

Julukan: Pretty Boy

Rekor:
- 40 Pertarungan
- 34 Menang (23 KO)
- 4 Kalah
- 2 Imbang
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3657 seconds (0.1#10.140)