alexametrics

Inilah Deretan Lima Kiper Termahal di Dunia

loading...
Inilah Deretan Lima Kiper Termahal di Dunia
Deretan kiper termahal di dunia. Foto : Ist
A+ A-
LONDON - Kepa Arrizabalaga menjadi kiper termahal di dunia saat ini. Chelsea merekrut pemain 23 tahun dari Athletic Bilbao di bursa transfer musim panas 2018 dengan mahar 80 juta Euro atau setara dengan Rp 1,3 triliun.

Manuver Chelsea untuk merekrut sang kiper terbilang hebat. The Blues merampungkan dan menebus harga pelepasannya tepat di detik detik penutupan bursa musim panas 2018. (Baca juga : Jadi Kiper Termahal di Dunia, Kepa Arrizabalaga : Saya Bangga!)

Ya, Liga Primer Inggris pada musim kali ini berbeda dengan liga top Eropa lainnya. Inggris menutup agenda transfernya lebih cepat dibandingkan negara Eropa lainnya.

Di Inggris, bursa transfer ditutup pada 9 Agustus. Sementara Serie A Italia berakhir pada 17 Agustus. Sedangkan La LIga Spanyol dan Bundesliga pada 31 Agustus.

Memang harus diakui bahwa harga kiper mengalami peningkatan harga setiap musimnya. Mengapa? Tak seperti pemain yang bepsosisi sebagai striker atau gelandang, kiper jarang berada di daftar jual atau pasar bursa transfer pemain.

Dengan demikian, harga mereka memang wajar melambung tinggi. Apalagi kiper yang direkrut ini merupakan pemain inti di pos penjaga gawang klubnya.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp misalnya, dia juga mengakui bahwa harga kiper selalu mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan.

"Semua orang berpikir itu merupakan uang yang sangat banyak. Ya memang Itu adalah uang yang sangat banyak. Tapi dia (Alisson) memang pantas untuk dihargai sebesar itu. Harga kiper cendurung meningkat saat ini. Itu menjelaskan bahwa di tahun ini harga kiper semakin naik. Itu bagian dari pekerjaan, untuk mencoba membawa pemain terbaik yang bisa Anda dapatkan. Pasar penjaga gawang berbeda karena tidak setiap tahun kiper berada di bursa transfer pemain," kata Klopp mengomentari harga kiper Alisson Becker yang mencapai 66 juta pounds.

Berikut daftar lima kiper termahal di dunia :
1.Kepa Arrizabalaga (Athletic Bilbao ke Chelsea) 2018
Inilah Deretan Lima Kiper Termahal di Dunia

Seperti sudah dijelaskan di atas, kiper asal Spanyol ini direktur dengan harga 80 juta Euro atau Rp Rp1,3 triliun sekaligus menjadikannya sebagai kiper termahal di dunia. Dia direktut dari Bilbao untuk menggantikan posisi Thibaut Cortouis yang hengkang ke Real Madrid.

2.Alisson Becker (AS Roma ke Liverpool) 2018
Inilah Deretan Lima Kiper Termahal di Dunia

Alisson hanya bertahan kurang lebih selama dua minggu sebagai kiper termahal sepanjang masa. Sebelum Kepa tiba di Chelsea, Alisson diaulat menjadi kiper termahal dengan mahar 66,8 juta Poundsterling atau sekira Rp1,2 triliun.

Liverpool melihatnya sebagai obat penyembuh bagi palang pintu yang sedang 'sakit'. Alisson diplot untuk gantikan Loris Karius yang kerap blunder.

3.Thibaut Courtois (Chelsea ke Real Madrid) 2018
Inilah Deretan Lima Kiper Termahal di Dunia

Kiper terbaik di Piala Dunia 2018 ini akhirnya merampungkan perpindahan ke ibu kota Spanyol, Madrid. Setelah proses tarik ulur yang panjang, Chelsea akhirnya melego Courtois dengan mahar 35 juta Pounds atau setara 649 Miliar.

Keinganan kuat sang pemain untuk bergabung dengan Madrid disebakan ingin bermain berdekatan dengan keluarganya. Sebab sang anak dan istri saat ini tinggal di kota Madrid sejak dia bergabung dengan Atletico Madrid di periode 2011-2014.

4.Ederson (Benfica ke Manchester City) 2017
Inilah Deretan Lima Kiper Termahal di Dunia

Ederson berlabuh di City dengan mahar 34,7 Juta Pounds atau setara Rp 644 miliar. Dia direkrut untuk menggantikan Joe Hart yang tampil tidak konsiten di bawah pelatih Pep Guardiola. Musim perdananya di Liga Inggris berakhir dengan manis.

Dia mengantarkan City menjadi kampiun di Liga Inggris musim 2017/2018. Kini dia menjelma sebagai salah satu kiper terbaik di Inggris. Selain itu posisinya di City juga tak tergantikan yang menyebakban Joe Hart memutuskan untuk bergabung dengan Burnley di bursa transfer 2018.

5.Gianluigi Buffon (Parma ke Juventus) 2001
Inilah Deretan Lima Kiper Termahal di Dunia

Di periode 2000-an, Buffon menjelma sebagai kiper fenomenal. Penampilan ciamiknya bersama Parma sukses membuat Juventus jatuh hati dan merekrutnya dengan mahar 33 juta Pounds atau setara 612 miliar (kurs saat ini)

Harga memang tidak bohong. Buffon selalu menunjukan kualitasnya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di planet bumi. Buffon berhasil mengantarkan Juventus meraih berbagai gelar prestisius selama 16 musim merumput di kota turin.

Di antaranya gelar Seri A tujuh kali secara beruntun (2010-2017). Kiper 40 tahun ini memutuskan pindah ke PSG pada 2018 untuk mencari petualangan baru.
(bbk)
preload video
BACA JUGA