Hamas Masih Pelajari Gencatan Senjata Bulan Ramadan, Israel Sudah Sepakat

Selasa, 27 Februari 2024 - 20:08 WIB
loading...
Hamas Masih Pelajari Gencatan Senjata Bulan Ramadan, Israel Sudah Sepakat
Israel sepakat dengan gencatan senjata Ramadan. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Mediator Israel, Hamas , dan Qatar semuanya menyatakan kewaspadaan tentang kemajuan menuju gencatan senjata di Gaza. Itu setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan dia yakin kesepakatan gencatan senjata dapat dicapai dalam waktu kurang dari seminggu untuk menghentikan perang di bulan Ramadan.

Hamas kini mempertimbangkan proposal, yang disetujui oleh Israel pada pembicaraan dengan mediator di Paris pekan lalu, untuk gencatan senjata yang akan menunda pertempuran selama 40 hari, perpanjangan gencatan senjata pertama dalam perang yang telah berlangsung selama lima bulan.

Menurut sebuah sumber yang dekat dengan perundingan tersebut, usulan tersebut akan membuat para militan membebaskan beberapa sandera yang mereka sandera, namun tidak seluruhnya, sebagai imbalan atas pembebasan ratusan tahanan Palestina, peningkatan bantuan kemanusiaan untuk Gaza, dan penarikan pasukan Israel dari wilayah tersebut. daerah berpenduduk di enclave.

Namun tampaknya hal ini tidak memenuhi tuntutan utama Hamas agar ada perjanjian yang mencakup jalan yang jelas menuju penghentian permanen perang dan penarikan pasukan Israel, atau menyelesaikan nasib para pria Israel yang berusia lanjut di antara para sandera.

Dalam sambutannya yang disiarkan pada acara bincang-bincang larut malam setelah tengah malam pada hari Selasa, Biden mengatakan Israel telah setuju untuk menghentikan pertempuran di Gaza selama Ramadhan, bulan puasa umat Islam, yang diperkirakan akan dimulai dalam dua minggu, pada 10 Maret.

“Ramadan akan segera tiba, dan sudah ada kesepakatan dari pihak Israel bahwa mereka juga tidak akan melakukan kegiatan selama Ramadhan, untuk memberi kita waktu untuk mengeluarkan semua sandera,” kata Biden di acara “Late Night with Seth” di NBC. Meyer".

Sebelumnya pada hari Senin, Biden mengatakan dia berharap perjanjian gencatan senjata akan ditetapkan pada tanggal 4 Maret: "Penasihat keamanan nasional saya memberi tahu saya bahwa perjanjian gencatan senjata sudah dekat. Perjanjian tersebut sudah dekat. Perjanjian tersebut belum selesai. Harapan saya adalah pada Senin depan. Kita akan melakukan gencatan senjata,” kata Biden.

Namun Qatar, yang bertindak sebagai mediator utama dan kini menjadi tuan rumah delegasi dari kedua belah pihak untuk menuntaskan ketentuan kesepakatan, mengatakan bahwa terobosan belum tercapai.

“Kami belum memiliki kesepakatan final mengenai masalah apa pun yang menghambat tercapainya kesepakatan. Kami tetap berharap, belum tentu optimis bahwa kami dapat mengumumkan sesuatu hari ini atau besok. Namun kami tetap berharap bahwa kami dapat mencapai semacam kesepakatan," kata Majed Al Ansari, juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar.

Dua pejabat senior Hamas mengatakan kepada Reuters bahwa pernyataan Biden yang tampaknya menunjukkan bahwa kesepakatan pada prinsipnya telah dicapai adalah terlalu dini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)