alexametrics

Asian Games 2018

Asian Games 2018 : Clarkson Akhirnya Bisa Bela Tim Basket Filipina

loading...
Asian Games 2018 : Clarkson Akhirnya Bisa Bela Tim Basket Filipina
Jordan Clarkson akhirnya diperkenankan tampil di Asian Games 2018 membela Filipina setelah NBA mencabut larangannya. Foto : ABS
A+ A-
CLEVELAND - Angin segar datang ke kontingen Filipina. Pasalnya, Jordan Clarkson akhirnya diperkenankan membela tim basket Filipina di Asian Games 2018 setelah NBA memberikan restu.

Kontan kabar ini sangat menggembirakan buat Clarkson. Sebagai anak dari ibu yang asli Filipina, guard Cleveland Cavaliers itu mendambakan bisa tampil membela negara sang ibu di Asian Games 2018.

"Hati saya penuh dengan rasa syukur untuk seorang yang telah membantu mewujudkan hal ini," tulisa Clarkson di akun Facebook pribadinya seperti dikutip cleveland.com, Rabu (15/8/2018).

Seperti diberitakan sebelumnya, NBA tak memberikan izin pada Clarkson untuk berlaga di Asian Games 2018 lantaran perjanjian dengan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) tidak menyebut Asian Games sebagai kompetisi yang boleh diikuti pemain NBA. Dalam perjanjian kedua pihak hanya menyepakati Olimpiade, Piala Dunia Bola Basket, Piala Kontinental dan turnamen kualifikasi yang terkait.



Belakangan, NBA 'kecolongan' setelah China memasukan, Zhou Qi dan Ding Yanyuhang. Padahal kedua pemain ini nyata jadi penggawa Houston Rockets dan Dallas Mavericks. (Baca juga : Asian Games 2018: Filipina Meradang, Dua Pebasket NBA Boleh Bela Tim China)

Tak ingin polemik berkepanjangan NBA akhirnya memuluskan keinginan Clarkson tampil di Asian Games 2018. Dalam pernyataannya karena Asian Games bukan salah satu dari kompetisi tersebut, pemain NBA yang terikat kontrak tidak dapat berpartisipasi.

"Namun, karena kurangnya komunikasi yang jelas dari perjanjian antara NBA dan Federasi Bola Basket Cina dan Filipina, dan setelah diskusi lebih lanjut dengan kedua Federasi, NBA telah sepakat untuk memberikan pengecualian satu kali ini," bunyi pernyataan NBA.

Dengan adanya pernyataan NBA ini, Clarkson kemungkinan akan tampil saat Filipina melawan Kazakstan pada Kamis (16/8/2018) di Hall Basket Gelora Bung karno. Filipina sendiri tergabung di Grup D dan akan bersaing pula dengan China dan Palestina.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak